Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 23 Apr 2019 06:19 WIB

TRAVEL NEWS

Cara Pemprov Sulawesi Utara Lawan Sampah di Bunaken

Syanti Mustika
detikTravel
Peluncuran kalender wisata Sulawesi Utara 2019 (Syanti Mustika/detikTravel)
Peluncuran kalender wisata Sulawesi Utara 2019 (Syanti Mustika/detikTravel)
Jakarta - Sampah menjadi masalah besar di Taman Nasional Bunaken. Pemprov Sulawesi Utara menyiapkan beberapa cara untuk mengatasinya.

Pada Senin malam, (22/4/2019) Sulawesi Utara meluncurkan Calendar of Event Sulut 2019. Dalam 14 event yang diluncurkan, 3 event masuk ke dalam agenda nasional. 3 Event unggulan itu adalah Festival Pesona Bunaken, Tomohon International Flower Festival dan Festival Pesona Selat Lembeh.

Beberapa waktu lalu, kasus sampah di Taman Nasional Bunaken menjadi sorotan. Menyikapi ini, pemerintah Provinsi Sulut punya cara.

"Pengelolaan Taman Bunaken itu di bawah Kementerian Lingkungan Hidup. Mengenai permasalahan sampah kita selalu berkoordinasi. Adapun arahan dari Gubernur yaitu dengan cara OPD, Operasi Perangkat Daerah. Arahan ini tidak hanya untuk Dispar saja, namun untuk semua perangkat daerah di Sulawesi Utara untuk bersih-bersih pantai," ungkap Daniel Mewengkang, Kepala Dinas Pariwisata Sulawesi Utara kepada wartawan.

Hal senada juga diungkapkan Sekretaris Provinsi, Edwin Silangen terkait permasalahan sampah di Taman Nasional Bunaken. Mereka mengikuti arah gubernur untuk mengatasi permasalahan ini.

"Kita telah dan sedang berupaya untuk mengatasi ini. Gubernur telah menginstruksikan semua perangkat daerah bersama masyarakat bersama-sama mengatasi permasalahan sampah yang terjadi," tutup Edwin.

Taman Nasional Bunaken merupakan salah satu daya tarik utama pariwisata di Sulawesi Utara. Bahkan keindahan bawah lautnya menjadi ikon pariwisata Kota Manado dan sudah ternama di kancah internasional. Jadi sayang sekali, jika masalah sampah yang merupakan perbuatan manusia menjadi hal yang merusak alam dan laut yang indah ini.

Mari kita jaga bawah laut serta alam ini. Belum terlambat untuk kita bersama-sama menjaga dan membuang sampah sesuai dengan tempatnya. Yuk liburan cerdas! (sym/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA