Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 23 Apr 2019 19:48 WIB

TRAVEL NEWS

Arek Surabaya! Siap-siap Ada Promo Paket Liburan di Bulan Mei

Robi Setiawan
detikTravel
Ilustrasi. Foto: (Dok KBRI Kopenhagen)
Ilustrasi. Foto: (Dok KBRI Kopenhagen)
Jakarta - Majapahit International Travel Fair (MITF) 2019 akan segera digelar di Grand City Convex Surabaya. Selain menonjolkan acaranya, MITF 2019 juga turut menawarkan berbagai paket liburan menarik bagi traveler. Acara akan digelar pada 2-5 Mei 2019 mendatang.

"Ini akan menjadi pameran pariwisata terbaik bukan saja di Jawa Timur (Jatim), tetapi juga di timur Indonesia. Karena, tidak saja menyajikan paket wisata terbaik, tetapi juga berbagai atraksinya dijamin memuaskan," ujar Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dalam keterangan tertulis, Selasa (23/4/2019).

"Apalagi tahun ini MITF masuk dalam 100 Calendar of Event (CoE) Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Makanya wajib disambangi," sambungnya.

Selain industri pariwisata, kegiatan ini juga diikuti sejumlah desa wisata yang cocok buat traveler, di antaranya Desa Wisata Jambu Kabupaten Kediri, Desa Wisata Watu Karung Pacitan, Desa Wisata Pujon Kidul Kab Malang, dan Kampung Lawas Surabaya. Kehadiran desa-desa wisata itu memperkuat tema yang diangkat, yaitu Explore Tourism Village.

Selain itu MITF 2019 juga akan dimeriahkan penyanyi jebolan ajang pencarian bakat Indonesia Idol, Maria Calista.


Arief menjamin pelaksanaan MITF 2019 bakal paten dengan sajiannya yang lengkap. Ada Tourism Exhibition, Travel Exchange, Cultural Performances, Farm Trip, hingga MICE Forum.

MICE Forum dipegang langsung oleh Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia (ASPERAPI). Ada juga Talkshow wisata oleh Akademi Pariwisata (AKPAR) Majapahit. Talkshow lainnya mengenai Revitalisasi Kota Tua.

Selain itu ada pula berbagai perlombaan seperti Lomba Macak Kue Coklat dan Lelang Kue, Cake Decoration Competition, hingga Guiding Competition oleh Himpunan Mahasiswa Pariwisata Indonesia (HMPI). HMPI juga akan mengadakan talkshow hingga jugling perform. Kemudian ada pula talkshow 'Ngaji Budaya Masuknya Islam di Tanah Jawa' oleh ODOJ Surabaya ft. Bunda Fatih, penampilan kesenian dari berbagai daerah, seperti dari Kabupaten Jember, Provinsi DKI Jakarta, serta Kabupaten Sleman.

"Dan yang enggak boleh dilewatkan adalah Pemilihan Raka-Raki dan Putra Putri Pariwisata 2019. Pokoknya bakal seru dan heboh," ujar Ketua Pelaksana Calender of Event 2019 Kemenpar, Esthy Reko Astuti.

Esthy yang juga Staf Ahli Menteri Bidang Multikultural itu juga menjamin MITF 2019 akan dikemas bergaya milenial. Apalagi tema yang diangkat tahun ini adalah Adventure Tourism. Hal ini untuk mewakili traveler milenial yang bosan dengan liburan yang itu-itu saja.

"Jadi yang ingin mencari paket liburan yang menarik silakan datang ke MITF 2019. Bonusnya berbagai atraksi keren yang akan hadir setiap harinya. Jangan sampai terlewatkan atau kalian akan menyesal," katanya.

Hal serupa juga diungkapkan Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional II Kemenpar Adella Raung. Menurutnya MITF 2019 akan menjadi pemuas dahaga para traveler.

MITF 2019 menghadirkan 82 industri pariwisata yang akan menawarkan paket-paket terbaiknya. Mereka terdiri dari 75 industri pariwisata dari Jawa Timur dan 7 industri pariwisata dari Jakarta, Banten, Bali, Yogyakarta, NTT, dan NTB.


"Ini adalah saatnya mencari paket wisata terbaik, khususnya paket wisata di Jatim. Apalagi saat ini Jatim semakin seksi untuk dieksplorasi, dari mulai menjelajahi Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru, atau menyaksikan api biru di Kawah Gunung Ijen. Spot berselancarnya banyak. Belum lagi menjelajahi Kawasan Taman Nasional Baluran. Jadi tunggu apalagi, silakan datang dan temukan paket wisata terbaik di MITF 2019," pungkas Adella.

Sementara itu Kabid Pemasaran Area I (Jawa) Kemenpar, Wawan Gunawan mengatakan MITF 2019 sangat padat oleh acara.

"Yang pasti acaranya seru dan menarik. Lomba Macak Kue Coklat & Lelang Kue Start from Rp 5.000. Ada juga Talkshow by Akpar Majapahit dan Talkshow bersama Kab. Sleman, Lomba Speech dengan tema Pariwisata, Sosial Budaya dan Teknologi, dan masih banyak lagi. Makanya sayang kalau terlewatkan," ujar Wawan.

Di sisi lain Kadisbudpar Jawa Timur, Sinarto berharap para traveler dalam dan luar negeri memanfaatkan event ini.

"Majapahit Travel Fair adalah ajang besar. Banyak penawaran terbaik buat para travel yang ingin berwisata. Jadi manfaatkan dengan baik dan dapatkan keuntungannya," ujar Sinarto. (prf/ega)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED