Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 26 Apr 2019 16:15 WIB

TRAVEL NEWS

Mau Mendarat di Firenze, Pesawat Ini Malah Nyasar ke Bologna

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Foto: Ilustrasi pesawat (iStock)
Foto: Ilustrasi pesawat (iStock)
Bologna - Kejadian unik dialami penumpang pesawat Skandinavian Airlines. Mau mendarat di Firenze, pesawat mereka malah mendarat di Bologna karena kerusakan GPS.

Kejadian kurang menyenangkan mesti dialami oleh penumpang Skandinavian Airlines yang terbang dari Kopenhagen, Denmark menuju ke Firenze, Italia. Pesawat yang mereka tumpangi tidak mendarat di kota tujuan, melainkan mendarat di Kota Bologna, yang terpisah 65 Mil (setara 104 Km) jaraknya dengan Firenze.

Usut punya usut, rupanya itu gara-gara sistem GPS pesawat mengalami kerusakan. Dikumpulkan detikcom dari beberapa sumber, Jumat (26/4/2019), kerusakan GPS ini baru diketahui sesaat sebelum pesawat take off.

Pilot Skandinavian Airlines baru menyadari bahwa sistem GPS pesawatnya tidak punya program rute untuk menuju ke Firenze, yang mana mustahil pesawat ini bisa mendarat di kota itu. Penerbangan ini pun sempat delay akibat dilakukan servis untuk memperbaiki kerusakan itu.

Tapi akhirnya pilot memutuskan pesawat akan tetap take off dan mendarat di Bologna. Nantinya para penumpang pesawat akan ditransfer menggunakan bus dari Bologna menuju ke Firenze.

"Keselamatan penumpang adalah prioritas kami. Selama persiapan sebelum terbang, baru ditemukan ada informasi rute penerbangan yang hilang. Keputusan terbang ke kota terdekat dari tujuan, yaitu Bologna dibuat daripada harus membatalkan penerbangan. Ini agar penumpang bisa sampai tujuan secepat mungkin," ujar juru bicara Skandinavian Airlines.

Ini bukan kali pertama pesawat salah mendarat di kota tujuan. Sebelumnya ada pesawat British Airways yang harusnya mendarat di Kota Dusseldorf, Jerman tetapi malah mendarat di Edinburgh, Skotlandia. Beruntung penumpang pesawat ini tidak mengalami insiden yang tidak diinginkan ya. (wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED