Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 02 Mei 2019 21:15 WIB

TRAVEL NEWS

Dukung Pariwisata RI, AirAsia Resmikan Pusat Operasi di Lombok

Shinta Angriyana
detikTravel
Peresmian Hub dan Livery AirAsia di Lombok (dok. AirAsia)
Peresmian Hub dan Livery AirAsia di Lombok (dok. AirAsia)
Jakarta - Maskapai bujet AirAsia meresmikan hub atau pusat operasi terbarunya di Indonesia. Kini, Lombok jadi sasarannya.

Seperti dalam rilis yang diterima detikcom dari AirAsia, Kamis (2/5/2019) pembuatan pusat operasi ini dimaksudkan untuk mendukung pariwisata RI khususnya Lombok, yang menjadi salah satu destinasi prioritas 10 Bali Baru. Selain itu, AirAsia juga meluncurkan livery pesawat yang didesain dengan promosi Lombok.

Ada pun armada yang digunakan adalah pesawat Airbus 320 dengan nomor registrasi PK-AXU. Pesawat ini, nantinya digunakan untuk melayani rute terbaru AirAsia Juni mendatang yakni Lombok-Perth, Australia.

"Terima kasih AirAsia sudah menjadikan Bandara Internasional Lombok sebagai hub dan juga membantu promosi Wonderful Indonesia dengan livery yang sangat istimewa. Dalam mengembangkan destinasi pariwisata, saya selalu menggunakan rumus 3A: Atraksi, Akses, Amenitas. Apa yang dilakukan AirAsia sudah sejalan dengan program tersebut, terutama Akses," ujar Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya.

Menurut Arief, strategi pembuatan pusat operasi dan livery ini dianggap tepat sasaran untuk meningkatkan kunjungan wisatawan internasional ke Indonesia. Begitupun dengan pertumbuhan ekonomi lokal di Lombok.

"Pilihan AirAsia untuk menjadikan Lombok sebagai hub sudah tepat, karena Lombok dengan Mandalikanya merupakan salah satu dari 10 Bali Baru. Pertumbuhan jumlah wisman di Lombok pun tergolong cepat, karena potensi alam dan budayanya yang mendukung. Kami sangat mengapresiasi kerja sama yang terus terjalin erat untuk mengembangkan pariwisata Indonesia." tambahnya.

Strategi AirAsia juga disambut positif oleh Kementerian Perhubungan. Seperti yang diutarakan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Udara RI, Polana Pamesti, bahwa kegiatan ini juga harus diikuti dengan peraturan penerbangan yang berlaku.

"Diresmikannya hub AirAsia Indonesia di Lombok merupakan hal positif, apalagi ini membawa misi untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Namun yang harus diperhatikan adalah maskapai wajib untuk tetap mengutamakan keselamatan, keamanan, pelayanan serta kepatuhan terhadap peraturan penerbangan yang berlaku," ujar Polana.

BACA JUGA: Gaya Liburan Pramugari Cantik AirAsia yang Fotonya Viral

Direktur Utama AirAsia, Dendy Kurniawan mengatakan bahwa peresmian pusat operasi dan livery tidak hanya meningkatkan konektivitas Indonesia dan internasional, tetapi juga menumbuhkan peluang pariwisata.

"Kami sangat senang akhirnya dapat meresmikan hub terbaru AirAsia di Lombok, destinasi dengan beragam pesona wisata yang memiliki tempat spesial di hati masyarakat luas. Peresmian hari ini tidak hanya menandai berkembangnya konektivitas internasional dan domestik dari pulau ini, namun juga turut menciptakan peluang kerja bagi masyarakat setempat, mendorong pertumbuhan pariwisata dan ekonomi pengunjung," Kata Dendy.

Dendy menambahkan, bahwa AirAsia juga menyumbang wisatawan terbanyak yang berkunjung ke Indonesia. Bahkan, angka peningkatannya mencapai 25 persen di tahun 2018 lalu.

"Berdasarkan data acuan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Grup AirAsia tetap menjadi maskapai yang mendatangkan wisatawan mancanegara ke tanah air terbanyak dengan jumlah sekitar 3,2 juta kunjungan wisman atau sebesar 25% dari keseluruhannya sepanjang 2018. Dengan penempatan dua pesawat di hub Lombok, langkah strategis ini semakin menegaskan komitmen AirAsia untuk terus mendukung pariwisata Indonesia, khususnya Lombok sebagai bagian dari 10 Bali Baru. Kami juga berharap dengan livery 'I Love Lombok' ini, semakin banyak lagi orang yang jatuh cinta dengan Lombok sepulangnya dari rumah baru kami ini." tambah Dendy.

Seperti yang diketahui, AirAsia memiliki Hub atau pusat operasi di beberapa wilayah Indonesia. Yakni Jakarta, Surabaya Medan dan Bali. Kini jumlahnya bertambah menjadi 5, Lombok sejak tahun 2012.



(rdy/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED