Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 14 Mei 2019 12:10 WIB

TRAVEL NEWS

Bukan Changi, Ini Bandara Terbaik Dunia di 2019

Shinta Angriyana
detikTravel
Bandara Internasional Hamad (Fitraya/detikTravel)
Bandara Internasional Hamad (Fitraya/detikTravel)
Doha - Bertahun-tahun, Bandara Changi di Singapura selalu disematkan sebagai bandar udara terbaik sedunia. Tapi, kini ada Bandara Internasional Hamad di Qatar.

Situs layanan penerbangan AirHelp baru-baru ini mengeluarkan data Global Airport Ranking 2019, berisi berbagai bandara terbaik dari pilihan traveler. Dari 132 bandara, terdapat 10 yang pertama dengan nilai terbaik seperti dilihat detikcom dari situs resminya, Selasa (14/5/2019).

Jika dalam data Skytrax Changi selalu jadi juara sebagai bandara terbaik dunia, dalam versi AirHelp pun berbeda. Menurut total nilai, Bandara Hamad di Qatar menduduki posisi pertama.

Dari waktu ketepatan atau On-Time Performance misalnya, nilainya mencapai 8,3. Sedangkan untuk pelayanan mendapat nilai 8,5 dan fasilitas makanan serta belanja 8,5. Jika diakumulasikan, nilainya 8,39/10.

Lalu, posisi ke-2 diperoleh Bandara Internasional Tokyo atau yang sering dikenal dengan Bandara Haneda. Rata-rata nilai sama dengan Bandara Hamad, namun nilai On-Time Performance, Service Quality serta makanan dan minuman mendapat nilai setara yakni 8,4.

Wilayah Eropa nampaknya menduduki posisi ke-3. Bandara Internasional Athena di Yunani, mendapat posisi ke-3, disusul dengan Afonso Pena International Airport di Curitiba Brazil posisi ke-4 dan Gdansk Lech Walesa Airport di Gdansk, Polandia.


Bagaimana dengan juara bertahan, Bandara Changi Singapura? Nampaknya, kali ini mereka harus duduk di posisi ke-7. Dengan total nilai 8,27/10. Rinciannya mendapat nilai 7,8 di On-Time Performance, 8,7 di makanan dan minuman. Tetapi, secara servis, Bandara Changi masih memiliki nilai lebih tinggi dari Bandara Internasional Hamad, dengaan nilai 9,2.

Penilaian ini sebenarnya dikumpulkan dari testimoni pengguna atau traveler. Mereka memberikan nilai melalui AirHelp mengenai berbagai bandara di dunia.

Berikut selengkapnya, 10 posisi pertama bandara terbaik dunia versi pilihan traveler melalui AirHelp:

1. Bandara Internasional Hamad, Qatar
2. Bandara Internasional Tokyo (Haneda)
3. Bandara Internasional Athena, Yunani
4. Bandara Internasional Afonso Pena, Curitiba, Brazil
5. Bandara Internasional Gdansk Lech Walesa, Gdansk, Polandia
6. Bandara Internasional Moscow Sheremetyevo, Moskow, Rusia
7. Bandara Internasional Changi, Singapura
8. Bandara Internasional Hyderabad Rajiv Gandhi, Hyderabad, India
9. Bandara Internasional Tenerife North, Tenerife, Spanyol
10. Bandara Internasional Viracopos/Campinas, Campinas, Brazil.


Simak Juga 'Pesawat Raksasa Uji Coba Terbang di Bandara Megah Beijing':

[Gambas:Video 20detik]

(sna/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA