Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 18 Mei 2019 20:23 WIB

TRAVEL NEWS

Pertegas Destinasi Halal, Aceh Siap Gelar Festival Kuliner 2019

Tia Reisha
detikTravel
Foto: Kemenpar
Foto: Kemenpar
Jakarta - Para pelancong dan pecinta kuliner, bersiaplah menyambut Aceh Culinary Festival 2019. Tahun ini, Festival diselenggarakan 5-7 Juli 2019 di Banda Aceh. Event yang sudah dimulai sejak 2014 ini, diharapkan menjadi magnet untuk mendatangkan wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.

"Peran kuliner itu penting. Wisatawan yang hadir pada satu destinasi, pasti berburu kuliner. Oleh karena itu, kuliner tidak bisa dipisahkan dari pariwisata. Justru semakin memperkuat sektor pariwisata yang dampaknya dirasakan langsung masyarakat," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya, dalam keterangan tertulis, Sabtu (18/5/2019).

Festival kuliner ini diselenggarakan Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh. Yang dihadirkan bukan hanya kuliner khas dari Bumi Serambi Mekah saja. Pengunjung juga bisa menikmati masakan dari penjuru Indonesia, bahkan dari berbagai belahan dunia.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Jamaluddin, festival ini menjadi upaya lebih mengembangkan Aceh sebagai destinasi halal.


"Event ini bagian dari kalender event tahunan yang dikemas unik dan menarik. Nuansanya halal," kata Jamaluddin.

Asisten Deputi Strategi dan Komunikasi Pemasaran 1 Kementerian Pariwisata Hariyanto menjelaskan kuliner merupakan salah satu usaha kreatif yang memberikan dampak positif perekonomian bagi masyarakat. Kuliner juga menjadi salah satu daya tarik mengundang wisatawan.

Bukan hanya itu, kekayaan kuliner lokal juga ikut memberi inspirasi bagi para pengusaha untuk mengembangkannya di berbagai daerah. Misal saja mie Aceh dan kopi Gayo.

"Kini keduanya banyak diperdagangkan hingga ke berbagai pelosok tanah air," ujarnya.

Festival ini akan diselenggarakan di Taman Sulthanah Safiatuddin Park. Sebuah taman yang mewakili 23 daerah di Aceh dan disana pun terdapat 23 rumah adat yang mewakili tipe restoran aceh. Pengunjung akan merasakan semangat dan getaran dari tradisi Aceh.


Untuk memanjakan selera pengunjung, akan ada ribuan suguhan lezat dari 200 stand yang terdiri dari peserta lokal, nasional, dan internasional. Semua 23 kota dan kabupaten di Aceh akan menyajikan menu terbaik mereka yang menampilkan rasa khas Aceh, yakni pedas. Pengunjung juga dapat mencicipi beberapa masakan paling lezat dari berbagai negara termasuk Malaysia, Jepang, Thailand, Turki, dan Italia di festival ini.

Panitia pun menargetkan 50 ribu pengunjung untuk mendatangi festival yang diisi sejumlah selebritis. Dari chef terkenal seperti Chef Juna, Chef Sisca Soewitomo, Chef Mandif Waroka, Michellin Chef Rishi Naleendra dan William Wongso. Mereka akan mengadakan cooking class buat pengunjung.

Sejumlah nama terkenal dari dunia kuliner pun siap dihadirkan, termasuk para vloger dan bloger. Ada food stylish seperti Puji Purnama dan Arkamaya Creative Culinary Education.

Sementara Food Vlogger yang bakal dihadirkan adalah Gerry Girianza, Bara Ilham (Tan Boy Kun), Mgdalenaf, Nex Carlos dan Food Blogger terdiri dari Anak Jajan, Jiewa Vieri, Fellexandro Ruby, Ade Puri Paramadita. Sebagai hiburan, Sheila on 7 akan menghangatkan suasana panggung dengan lagu-lagu andalan mereka. Jadi tunggu apa lagi? Segera persiapkan diri untuk melancong ke Tanah Rencong. (idr/idr)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED