Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 23 Mei 2019 19:30 WIB

TRAVEL NEWS

Pekerjaan Bagi Pemberani yang Mungkin Paling Mematikan

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Tim F, ahli pemasang kembang api di gedung pencakar langit (CNN)
Tim F, ahli pemasang kembang api di gedung pencakar langit (CNN)
Seoul - Mungkin inilah pekerjaan bagi para pemberani dan mungkin paling mematikan. Mereka memanjat Menara Lotte World Seoul yang amat tinggi.

Melansir CNN, Kamis (23/5/2019), pekerjaan mereka adalah memasang kembang api. Ini mengesankan, ketika kembang api dipasang di Lotte World Tower Seoul yang berlantai 123 di awal bulan ini dan perlu keberanian lebih untuk menciptakannya.

Pertunjukan kembang api selama 11 menit itu membutuhkan anggaran setara USD 6 juta atau Rp 87 M. Ada pemasangan 30.000 kembang api di 750 spot tembakan di ketinggian setengah kilometer di atas tanah.

Semua hal di atas dilakukan oleh pendaki gunung yang sangat berpengalaman. Di sinilah Tim F masuk, yakni grup yang terdiri dari 37 pemandu gunung ahli dari Prancis.

Mereka punya spesialisasi dalam membuat kembang api di gedung-gedung tinggi di seluruh dunia seperti Menara Eiffel atau Burj Khalifa di Dubai. Di Seoul, operasi mereka dimulai beberapa hari sebelum pertunjukan, dengan kedatangan truk yang membawa mesiu.

Tim ini menggunakan lift kemudian naik tangga untuk membawa roda gigi ke dua tempat di mana mereka bisa mendapatkan akses ke eksterior bangunan. Lokasi itu ada di atap yakni di lantai 73.

"Ketika itu sudah menjadi pekerjaan Anda selama 20 atau 25 tahun, itu adalah sesuatu yang pada akhirnya tidak Anda pikirkan. Kamu tidak memiliki rasa takut. Kamu hanya perlu berkonsentrasi," kata salah satu anggota Tim F, Eric Faroux.

Kembang api di Lotte World Seoul (CNN)Kembang api di Lotte World Seoul (CNN)
Faroux dan rekan-rekannya menyamakan sebuah bangunan dengan gunung, dan menyebut puncaknya sebagai puncak gunung. Tapi, mengingat fakta bahawa mereka membawa bahan peledak yang berbahaya, ini bisa dibilang medan yang lebih sulit.

Jauh lebih mematikan, bahkan benda sekecil pena terbukti lebih mematikan jika terjatuh dan mengenai pejalan kaki di bawah. Sebagai tindakan pencegahan, area di sekitar bangunan ditutup selama operasi ini.

Saat bekerja Grup F memakai perlengkapan keselamatan termasuk helm, tali pengikat, dan bekerja berpasangan atau beranggotakan tiga orang saat mereka melakukan pemasangan kembang api. Di proyek Lotte World Seoul, masing-masing turun dengan satu tali ke salah satu dari 370 spot peluncuran kembang api.

Ketika waktunya menyalakan kembang api, kerumunan orang berkumpul di beberapa lokasi. Ada yang di atap rumah hingga di taman sekitar gedung, itulah pertunjukan yang menjadi sorotan utama dalam perayaan bulan keluarga tradisional di tahun ini.

Ada tema perdamaian tahun ini. Adalah refleksi dari upaya pemulihan hubungan dengan Korea Utara. Ada hiburan musik dari 'La La Land', 'The Greatest Showman' dan lagu tradisional Korea yang terkenal, 'Arirang.' (rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED