Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 28 Mei 2019 17:30 WIB

TRAVEL NEWS

Saat Turis Hampir Mati Tertimpa Gletser Es yang Runtuh

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Foto: Taman Nasional Vatnajokull (dok. Stephan Mantler)
Foto: Taman Nasional Vatnajokull (dok. Stephan Mantler)
Reykjavik - Turis yang liburan ke Taman Nasional Vatnajokull di Islandia nyaris saja tertimpa malapetaka. Itu setelah gletser es yang sedang mereka lihat tiba-tiba runtuh.

Islandia memang terkenal dengan panorama alamnya yang fantastis. Gunung-gunung es dan juga gletser-gletser yang tinggi menjulang jadi suguhan utama negeri ini.

Namun layaknya alam yang tidak bisa diprediksi, gletser es ini bisa juga membawa celaka. Mereka bisa tiba-tiba saja runtuh dan mencelakai wisatawan seperti yang terjadi di Taman Nasional Vatnajokull. Taman nasional ini berjarak 237 Km dari Reykjavik, ibu kota Islandia.

Dikumpulkan detikcom dari beberapa sumber, Selasa (28/5/2019), beberapa orang wisatawan pun nyaris celaka akibat runtuhnya gletser es ini. Beruntung mereka bisa selamat tanpa mengalami cedera apapun.



Detik-detik saat gletser es runtuh ini direkam oleh Stephan Mantler, guide sekaligus salah satu pemilik operator tur yang mengantarkan rombongan wisatawan ke Islandia. Stephen yang saat itu memimpin rombongan menyaksikan sendiri saat tebing es itu runtuh ke laut.

Saat Turis Hampir Mati Tertimpa Gletser Es yang RuntuhFoto: (dok. Stephan Mantler)


Dalam video yang beredar di media sosial, tiba-tiba bongkahan es raksasa itu pun jatuh ke dalam lautan dan memicu gelombang besar. Rombongan tur yang dipimpin Stephen saat itu berdiri di pinggir laut pun langsung panik.

Seketika mereka langsung berlari menyelamatkan diri. Bak tsunami kecil, gelombang itu ternyata sampai ke daratan. Ombak besar itu menyapu pinggiran pantai. Beruntung rombongan Stephen berhasil menepi ke tempat yang lebih aman.

Menurut Stephen, fenomena runtuhnya gletser es ini disebut sebagai 'Calving'. Calving terjadi ketika bongkahan besar es pecah dari gletser dan jatuh ke laut. Penyebabnya bisa jadi karena suhu udara bertambah panas dan es jadi mencair.

Selama berwisata di Islandia, turis pun sudah diberitahu soal fenomena 'Calving' ini. Jadi tetap berhati-hati ya traveler, jaga jarak dan tetap di zona yang aman saat sedang asyik mengamati gletser. (wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED