Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 29 Mei 2019 21:50 WIB

TRAVEL NEWS

Guk guk! Anjing Jadi Walikota di Amerika

Shinta Angriyana
detikTravel
Walikota Max (@mayormax1)
Walikota Max (@mayormax1)
Idyllwild - Sebuah kota umumnya dipimpin walikota yang merupakan politisi. Tapi di Amerika Serikat ada kota dipimpin anjing.

Inilah yang terjadi di Idyllwild, sebuah kota yang terletak di California, Amerika Serikat. Sudah 7 tahun berturut-turut, walikotanya bukanlah manusia. Melainkan seekor anjing uang dipilih oleh warga.

Dilansir detikcom dari berbagai sumber, Rabu (29/5/2019) awalnya kota ini melakukan fundraising atau penggalangan dana. Untuk menarik masyarakat, caranya cukup unik. Mereka dapat mendaftarkan hewan peliharaan untuk menjadi walikota Idyllwild.

Kemudian, orang yang ingin berpartisipasi mendaftarkan hewan peliharaanya harus membayar USD 1 (Rp 14 ribu) yang kemudian dikumpulkan Animal Rescue Friends Idyllwild.

Ternyata, seekor anjing lucu berjenis Golden Retriever bernama Max terpilih menjadi 'walikota'. Pemiliknya adalah seorang warga Idyllwild bernama Phyllis Mueller. Ia pun menjadi 'kepala staf' yang membantu Max mengurusi Kota Idyllwild. Bahkan, sampai mengangkat telepon dan mengajak Max menyapa warga di setiap pekan.


Namun sayang seribu sayang, Max harus meninggal di tahun ke-2 masa jabatannya. Ingin tetap memiliki sosok 'Max', Phyllis pun menghubungi peternak Max untuk mendapatkan garis keturunannya. Namun, sang peternak kehilangan alur garis keturunan.



Dia kemudian mencari di tiga negara: Amerika Serikat, Kanada, dan Inggris, tetapi tidak menemukan apa pun. Sampai akhirnya dia melihat-lihat majalah golden retriever tua dan menemukan seekor anjing yang persis mirip dengan Max.

Akhirnya, ia menghubungi peternak anjing tersebut dan menemukan garis keturunan Max. Caranya mengenali bahwa anjing tersebut adalah garis keturunan Max adalah kemiripan saat menyilangkan 2 tangannya. Kemudian, Ia pun membeli 3 keturunan Max di California dan Ohio, yang kemudian dinamai Max II, Mitzi dan Mikey. Kini, Max II menjabat sebagai walikota sedangkan Mitzi dan Mikey adalah wakilnya.

Akhirnya, tradisi ini pun tetap dilanjutkan hingga kini. Warga Idyllwild setuju untuk dipimpin oleh Max II sepanjang usianya.

Bahkan, di website resminya, ia pun punya 4 'program kerja' yang wajib dilakukan. Yakni berusaha mempromosikan kota tersebut, mendukung sejumlah proyek di sekitar kota, hadir di setiap acara yang diadakan di dalam kota, mendatangi kunjungan resmi bahkan berbicara mewakili hewan di kota tersebut.


Kini, Max II pun juga bisa dihubungi melalui 'kepala staf'-nya. Bahkan, ia pun rutin untuk menyapa warga sekitar. Ia juga rutin untuk pergi ke berbagai tempat umum, seperti rumah sakit, sekolah dan panti jompo.

Warga kota Idyllwild pun menganggap Max II adalah seekor anjing yang manja namun juga pekerja keras. Mereka menganggap sosok Max dapat membawa perdamaian dunia dan kota yang tentram. (sna/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED