Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 17 Jun 2019 12:38 WIB

TRAVEL NEWS

Hong Kong Masih Demo, Turis Perlu Jauhi Admiralty dan Central

Fitraya Ramadhanny
detikTravel
Suasana demo di Hong Kong, Senin pagi ini (REUTERS/Athit Perawongmetha)
Suasana demo di Hong Kong, Senin pagi ini (REUTERS/Athit Perawongmetha)
Hong Kong - Unjuk rasa besar di Hong Kong masih berkepanjangan. Wisatawan sebaiknya menjauh dulu dari daerah Admiralty dan Central.

Demonstran antipemerintah yang memprotes RUU Ekstradisi di Hong Kong masih menguasai ruas jalanan utama. Ini terjadi sehari setelah demo besar membanjiri jalanan Hong Kong dalam aksi bersejarah untuk menuntut mundur pemimpin Hong Kong, Carrie Lam.


Pada Minggu (16/6) terjadi demo besar-besaran di kawasan Admiralty dan Central yang diklaim oleh Civil Human Rights Front (CHRF) sampai 2 juta orang meskipun polisi menyebut 338 ribu orang saja. Nah, dilansir AFP pada Senin (17/6/2019) pagi waktu setempat, jumlah demonstran dilaporkan menurun hingga hanya beberapa ratus orang.

Namun, ratusan demonstran yang didominasi anak muda itu menduduki ruas jalan raya utama di luar Gedung Parlemen Hong Kong dan beberapa ruas jalan lainnya. Sejumlah personel kepolisian tampak berbaris dan siaga di lokasi. Beberapa polisi membujuk para demonstran untuk pulang tanpa aksi kekerasan apapun.

Area unjuk rasa (BBC)
Sejumlah negara seperti Inggris, Kanada, Amerika Serikat dan Indonesia sudah mengeluarkan travel advice. Liburan ke Hong Kong tetap aman, asal wisatawan menjauhi area unjuk rasa seperti dalam peta demonstrasi di atas ini.

Unjuk rasa ini terjadi di daerah Admiralty yang merupakan kantor pusat pemerintahan di Hong Kong. Massa meluber sampai ke daerah Central dan sekitarnya. Polisi melakukan blokade jalan dalam radius 500 meter termasuk Tim Wa Avenue, Tamar Park dan Central Government Complex.

Jalan Harcourt Road dikuasai oleh pengunjuk rasa. Pacific Place Mall Hong Kong juga jadi tempat berkabung karena ada demonstran yang meninggal.


Destinasi yang wajib dihindari

1. Tamar Park, Ini adalah taman kota di dekat pusat pemerintahan Hong Kong
2. Central and Western District Promenade, ini adalah taman kota di tepi laut menghadap Kowloon.

Destinasi yang sebaiknya dihindari dulu karena diakses dari Stasiun Central

1. Hong Kong Maritime Museum, ini museum maritim di dermaga Hong Kong.
2. Hong Kong Observation Wheel, ini bianglala dekat Hong Kong Maritime Museum
3. Statue Square dan Chater Garden, ini taman kota tempat nongkrong buruh migran Filipina dan sering jadi meeting point buat walking tour
4. The Peak Tram Station. The Peak adalah destinasi favorit, tapi stasiun untuk naik ke The Peak ada di dekat lokasi unjuk rasa, cuma 600 meter.

Tempat wisata di Hong Kong lainnya di luar kawasan Admiralty dan Central, aman untuk dikunjungi. Silakan berwisata di daerah Kowloon, Victoria Park, Disneyland, Tsim Sha Tsui dll. Makin jauh dari Admiralty dan Central, maka semakin aman.

Pantau terus perkembangan berita terkini di Hong Kong di detikcom. Stay safe ya, Traveler! (fay/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED