Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 19 Jun 2019 13:27 WIB

TRAVEL NEWS

Hewan Laut Unik dan Aneh Hadir di Jakarta Aquarium, Seperti Apa Ya?

Tia Reisha
detikTravel
Foto: Agung Pambudhy
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Sebagai destinasi rekreasi education entertainment (edutainment), Jakarta Aquarium menghadirkan koleksi terbaru yang unik dan aneh. Koleksi tersebut di antaranya gurita Pasifik raksasa, kutu laut raksasa, naga laut berdaun, dan naga laut rumput.

Kehadiran koleksi terbaru ini diluncurkan di Jakarta Aquarium, Neo Soho Floor LGM-LG, Jakarta Barat, hari ini (19/6/2019). Koleksi baru ini sekaligus menunjukkan komitmen Jakarta Aquarium dalam melakukan pelestarian, konservasi dan edutainment untuk segala usia.

"Kami mendatangkan satwa ini dengan tujuan untuk memberitahu pengunjung dan juga masyarakat Indonesia bahwa masih ada banyak sekali satwa yang unik seperti yang kami datangkan di Jakarta Aquarium. Satwa-satwa ini kami datangkan dari perairan dalam bersuhu ekstrim sehingga persiapan yang kami lakukan juga tidak mudah," ujar Director Jakarta Aquarium Will Owens di Jakarta Aquarium, Jakarta Barat, Rabu (19/6/2019).


Gurita Pasifik raksasa mempunyai 8 lengan yang ditutupi dengan cakram hisap. Satwa ini mempunyai cengkeraman kuat yang bisa mendeteksi rasa bau, serta bisa memasuki ruang berukuran lebih kecil dari tutup botol. Uniknya, satwa ini bisa mengubah warna dan tekstur kulitnya untuk berbaur dengan bebatuan dan ganggang.

"Gurita ini termasuk sangat cerdas untuk seekor satwa karena punya 9 otak di masing-masing lengan dan satu lagi di kepala. Mereka biasa hidup dengan suhu di bawah 10 derajat sehingga kami harus menyesuaikannya dengan suhu di exhibit di sini," ujar Curator Manager Jakarta Aquarium Aaron Jup.

Hewan Laut Unik dan Aneh Hadir di Jakarta Aquarium, Seperti Apa Ya?Gurita. Foto: Tia Rieisha/detikcom

Sementara kutu laut raksasa merupakan salah satu satwa paling aneh yang hidup di laut dalam. Kerabat dekat udang dan kepiting ini mempunyai dua antena untuk membantu mendeteksi lingkungan di sekitar area hidup. Antena kecilnya berfungsi untuk merasakan kandungan kimia, sedangkan antena besar berfungsi sebagai indera fisik. Satwa ini juga mempunyai 4 set rahang yang berbeda untuk membantunya merobek dan memotong mangsa. Namun ternyata satwa ini bisa hidup lebih dari 5 tahun tanpa makan, lho!


Sedangkan naga laut berdaun merupakan satwa yang mempunyai ukuran dan bentuk tubuh menyerupai kuda laut. Bedanya, satwa ini mempunyai sirip kecil mirip daun yang berfungsi untuk penyamaran. Meskipun terlihat mirip, ternyata naga laut berdaun bukan spesies kuda laut, tapi spesies naga laut.

Hewan Laut Unik dan Aneh Hadir di Jakarta Aquarium, Seperti Apa Ya?Naga Laut. Foto: Tia Rieisha/detikcom

Terakhir, ada naga laut rumput sebagai spesies yang terkait kuda laut. Meski begitu, satwa ini berbeda dengan kuda laut karena tidak memiliki kantung untuk membesarkan anaknya. Naga laut rumput ini bisa ditemukan di batu karang dan di hamparan rumput laut. Seperti namanya, satwa ini bisa berbaur dengan area sekitarnya dan terlihat seperti rumput liar. (prf/ega)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED