Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 21 Jun 2019 09:25 WIB

TRAVEL NEWS

Pelan-pelan Memecahkan Misteri Nazca Lines

Afif Farhan
detikTravel
Nazca Lines di Peru (iStock)
Nazca Lines di Peru (iStock)
Jakarta - Nazca Lines di Peru adalah misteri terbesar di dunia. Suatu bentangan simbol di atas gurun berusia ribuan tahun yang begitu menakjubkan.

Mari kita kenali dulu Garis-garis Nazca alias Nazca Lines. Nazca Lines terdiri dari 800 garis lurus, 300 garis geometris dengan aneka bentuk seperti orang atau wajah dan 70 bentuk garis yang menggambarkan hewan dan tumbuhan. Bisa disebut sebagai geoglyph, yakni suatu motif tertentu peninggalan manusia zaman dulu di suatu lanskap alam seperti tebing, gua atau gurun.

Garis-garis tersebut terhampar di Gurun Nazca yang berlokasi di antara Kota Pampas dan Nazca di Peru. Nazca Lines diyakini dibuat oleh penduduk setempat pada ribuan tahun silam, sekitar tahun 100-600 Masehi.

Menurut para peneliti, penduduk setempat saat itu membuatnya dengan cara mengerik tanah sedalam 30 cm. Kontur tanahnya sendiri memang cocok untuk dikerik dan bekasnya tidak akan hilang karena suhu yang panas, jarang erosi dan curah hujan yang sangat sedikit.

Nazca Line yang menyerupai berbagai simbol (iStock)Nazca Line yang menyerupai berbagai simbol (iStock)


Hasilnya, jadilah garis-garis yang sungguh (sekali lagi) sungguh sempurna.

Menariknya, Nazca Lines hanya bisa dilihat dari angkasa alias dari pesawat. Padahal di zaman pembuatan garis-garisnya, tentu tidak ada pesawat. Jadi ibaratnya, mereka yang membuat Nazca Lines tidak bisa melihat atau menikmati karya-karyanya.

Lantas, untuk apa Nazca Lines dibuat?

Dilansir detikcom dari berbagai sumber, Jumat (21/6/2019) ada 3 jawaban dari para ahli tapi masih jadi perdebatan serta belum memuaskan. Artinya, hingga kini dari tahun 1930-an ditemukan, Nazca Lines masih menjadi misteri.

Sejauh ini, 3 jawaban mengapa Nazca Lines dibuat adalah untuk pemujaan dewa, untuk ilmu astronomi dan dibuat oleh alien. Pendapat lain mengatakan, kalau garis-garis Nazca sebenarnya adalah sistem irigasi canggih. Itu pun, masih harus diteliti lebih mendalam lagi.

(MARTIN BERNETTI/AFP/Getty Images)(MARTIN BERNETTI/AFP/Getty Images)


Terbaru, para peneliti dari Hokkaido University (suatu universitas di Jepang) menerbitkan hasil penelitian tentang Nazca Lines dalam 'Journal of Archaeological Science: Reports'. Mereka memfokuskan penelitiannya tentang garis berbentuk burung.

Total, terdapat 16 geoglyph yang menggambarkan burung. Dengan mempelajari gambar-gamabrnya burungnya dan dibandingkan dengan burung-burung di dunia, maka burung-burung di Nazca Lines adalah burung kolibri ekor panjang, pelikan dan burung-burung hutan hujan seperti burung nuri.

Gambar Nazca Lines yang diyakini berbentuk burung kolibri (iStock)Gambar Nazca Lines yang diyakini berbentuk burung kolibri (iStock)


Burung kolibri berekor panjang di hutan-hutan tropis di Amerika Selatan (iStock)Burung kolibri berekor panjang di hutan-hutan tropis di Amerika Selatan (iStock)


"Kami mengungkapkan beberapa perbedaan antara karakteristik geoglyph mereka dan karakteristik kelompok taksonomi (klasifikasi mahluk hidup) di sekitar kawasannya," tulis penelitian tersebut.

"Selain itu, kami menetapkan bahwa beberapa geoglyph menggambarkan sejumlah burung tertentu termasuk burung kolibri, pelikan, dan burung nuri. Masing-masing burung ini eksotis secara regional. Misalnya, kolibri dan beo ditemukan di daerah tropis hutan hujan sedangkan pelikan hidup di daerah pesisir," lanjut penelitannya.

Artinya, di sekitar Gurun Nazca tidak ada jenis-jenis burung tersebut. Besar kemungkinan, penduduk setempat di sana pada zaman dulu melihat burung-burungnya saat menjelajahi pantai dan hutan dengan berjalan kaki berbulan-bulan lamanya.

(iStock)(iStock)


Spekulasi bermunculan. Apakah mereka membuat garis-garis Nazca bergambar burung karena terkesima oleh bentuk burungnya, atau bisa juga karena burung tersebut adalah pertanda adanya air.

"Ketika burung laut bermigrasi ke daerah pegunungan melewati Nazca selama bulan November dan Desember, penduduk di sana berharap hujan akan turun. Di sisi lain, jika burung tersebut tidak bermigrasi maka air tidak turun," tulis penelitiannya.

Maka bisa juga, penduduk Nazca di zaman dulu mengira burung-burung akan membawa cuaca baik dan membawa air. Tapi sekali lagi, hingga kini penelitian dari Hokkaido University masih berlanjut.

BACA JUGA: Misteri Paling Heboh Sedunia: Monster Loch Ness

Penelitian tentang gambar burung pun masih dilakukan riset mendalam. Bisa jadi, itu adalah kunci dari arti Nazca Lines ini.

"Untuk mengungkap tujuan geoglyph, pemahaman tentang apa yang mereka gambarkan adalah langkah pertama yang penting," tulis para peneliti. (aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA