Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 28 Jun 2019 08:20 WIB

TRAVEL NEWS

Ini 3 Potensi Wisata Alternatif di Jakarta

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Masjid Istiqlal (Isfari Hikmat/detikcom)
Masjid Istiqlal (Isfari Hikmat/detikcom)
Jakarta - Jakarta punya banyak potensi wisata yang bisa ditunjukkan pada wisatawan. Terlepas dari yang sudah dipromosikan, masih ada 3 potensi wisata alternatif lain.

Hal itu itu dibahas dalam acara talkshow 'Jakarta di Mata Para Pemandu Wisata' yang bertempat di Museum Sejarah Jakarta, Kamis (27/6/2019). Turut hadir jadi pembicara, Ira Lathief dari Wisata Kreatif Jakarta yang juga meluncurkan buku 'Bukan Ratu Sejagat: Catatan Seorang Tourist Guide.'

Melalui Wisata Kreatif Jakarta yang dibuatnya, Ira menemukan sejumlah tempat wisata di Jakarta alternatif yang telah ia tawarkan pada para tamunya. Antara lain:

1. Wisata makam

Di luar negeri seperti Paris dan lainnya, pemakaman menjadi destinasi wisata yang kerap didatangi untuk ziarah hingga napak tilas. Hanya saja, trend itu belum begitu populer di Indonesia.

"Kalau di Paris ada pemakaman Pere Lachaise, (tempat_ Jim Morrison. Di AS ada makam tertua di Washington," ujar Ira.

Dalam beberapa kesempatan, Ira juga pernah mengajak tamunya berwisata ke Mausoleum OG Khouw di Petamburan hingga Museum Taman Prasasti di dekat Tanah Abang.

2. Wisata rumah ibadah

Memiliki banyak suku dan agama, Jakarta juga diberkahi dengan banyak keragaman serta rumah ibadah. Hal itu pun dilihat sebagai potensi oleh Ira, di mana ia membuat Wisata Rumah Ibadah dan Wisata Bhinneka.

Dalam tur tersebut, Ira mengajak tamunya untuk berwisata ke sejumlah rumah ibadah agama berbeda di Jakarta. Bahkan, tak jarang Ira mengajak tamunya untuk menghadiri perayaan agama tertentu.

3. Wisata kuliner

Terakhir adalah wisata kuliner, potensi besar dari wisata Jakarta. Dijelaskan oleh Ira, ia pertama kali mengetahui adanya tur makanan atau Food Tour saat mengikuti tur serupa di luar negeri.

"Tahun 2013 ikut food tour di Malaysia. Di Indonesia dikit banget dan itu jadi destinasi," ujar Ira.

Menyadari banyaknya potensi makanan yang bisa ditawarkan ke traveler, Ira punya paket wisata food tour ke Pecinan di Glodok, mencicipi kuliner India di Pasar baru dan masih banyak lainnya.

"Yuk kenali lebih dekat kota kita dengan cara menyenangkan dan mengenyangkan," tutup Ira.

Simak Video "Pagi Ini Jakarta Kota Kedua Terpolusi Sedunia"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA