Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 05 Jul 2019 21:45 WIB

TRAVEL NEWS

Mungkin, Ini Kereta Bandara dengan Tiket Paling Murah

Syanti Mustika
detikTravel
Kereta bandara BIM (Syanti Mustika/detikcom)
Kereta bandara BIM (Syanti Mustika/detikcom)
Padang - Mungkin, kereta bandara di Padang adalah kerta dengan tiket termurah. Menuju bandara kamu hanya perlu bayar Rp 10 ribu saja.

Saat liburan ke Sumatera Barat, kamu harus coba naik dan rasakan kereta bandaranya. Tak seperti kereta bandara di tempat lain, harga tiket kereta Bandara Internasional Minangkabau (BIM) di Padang sangat terjangkau.

Dibandingkan dengan harga tiket kereta bandara Jakarta yang Rp 70 ribu, kereta Bandara Internasional Minangkabau bisa dikatakan lebih murah. Bila dibandingkan dengan kereta bandara Indonesia lainnya, seperti KA Bandara Adi Soemarmo, Solo (mulai Rp 30 ribu), KA Bandara Kualanamu Medan (Rp 100 ribu), Kereta Bandara Padang masih lebih murah.

Begitu juga bila dibandingkan dengan kereta-kereta bandara di Sydney (Rp 165 ribu), Hong Kong (Rp 126 ribu), Bangkok (Rp 21 ribu), Brisbane (Rp 263 ribu), Roma (Rp 222 ribu), dan Seoul (Rp 114 ribu).

Beberapa waktu lalu detikcom berkunjug ke Sumatera Barat dan mencoba menuju ke bandara dengan kereta bandara. Kami pun naik dari Stasiun Padang yang berada di Jalan Stasiun No 1, Simpang Haru, Kecamatan Padang Timur.

Mungkin, Ini Kereta Bandara dengan Tiket Paling MurahFoto: (Syanti Mustika/detikcom)


Memasuki area stasiun, kami pun menuju loket pembelian tiket. Harga tiket dari Stasiun Padang menuju ke Stasiun BIM hanya Rp 10 ribu dengan jarak tempuh lebih kurang 40 menit. Sedangkan jika kamu hanya menuju 1 stasiun pemberentian saja (misalnya Stasiun Tabing-Stasiun Duku) dikenakan biaya Rp 5.000.

BACA JUGA: Naik Kereta Bandara ke Soekarno Hatta, Asyik Juga

Memasuki kereta, warna hijau terlihat mendominasi kereta. Mulai dari warna gerbong hingga ke bangku. Uniknya, tidak ada ketentuan nomor bangku, hingga kamu bebas ingin duduk dimana saja. Bangkunya juga empuk. Kaca kereta yang lebar, mata pun bebas melihat ke arah luar.

Bangku kereta pun berhadap-hadapan. Di dinding kereta juga ada colokan listrik. Juga ada layar LCD yang menampilkan beragam info tentang kereta dan juga lampu LED yang mnunjukan stasiun tujuan.

Mungkin, Ini Kereta Bandara dengan Tiket Paling MurahFoto: (Syanti Mustika/detikcom)


Kereta bandara BIM berangkat 12 kali dalam sehari, dengan 6 stasiun pemberentian. Yaitu Stasiun Padang, Shelter Pasar Alai, Shelter Air Tawar, Stasiun Tabing, Stasiun Duku dan pemberentian terakhir Stasiun BIM.

Adapun jadwal keberangkatan kereta dari Stasiun Padang yaitu pukul 06.30 WIB, 08.45 WIB, 10.40 WIB, 12.40 WIB, 15.20 WIB dan 18.00 WIB. Sedangkan
jadwal keberangaktan dari Stasiun BIM yaitu pukul 07.45 WIB, 09.45 WIB, 11.40 WIB, 14.20 WIB, 16.55 WIB dan pukul 20.00 WIB.

Mungkin, Ini Kereta Bandara dengan Tiket Paling MurahFoto: (Syanti Mustika/detikcom)


Selama kereta melaju, kamu bisa menikmati sisi lain Kota Padang dari kereta. Kamu akan melihat keramaian Kota Padang, rawa, sungai dan lainnya. Menyenangkan juga.

Sesampainya di Stasiun BIM, kamu bisa menuju bandara dengan shuttle yang disediakan. Atau jika kamu terburu-buru dan malas mengantri, jalan kaki saja menuju bandara. Tidak jauh kok. (sym/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA