Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 15 Jul 2019 21:15 WIB

TRAVEL NEWS

Mesir kembali Buka Piramida Kuno Untuk Publik

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Piramida Bent di Mesir yang dibuka oleh Menteri Kebudayaan Mesir, Khaled El-Anany (Mohamed Abd El Ghany/Reuters)
Piramida Bent di Mesir yang dibuka oleh Menteri Kebudayaan Mesir, Khaled El-Anany (Mohamed Abd El Ghany/Reuters)
Kairo - Untuk kedua kalinya bulan ini, Pemerintah Mesir kembali membuka piramida kunonya ke wisatawan. Yang terbaru adalah piramida yang jadi makam Raja Snefru.

Dikumpulkan detikcom dari berbagai sumber, Senin (15/7/2019), piramida itu pun terletak di kota kerajaan Mesir terdahulu, Dahshur yang berjarak sekitar 40 km di sisi Selatan Kairo seperti diberitakan media ABC News.

Untuk informasi, di piramida tersebut juga sempat diketemukan delapan mumi lain pada bulan November tahun lalu. Dijelaskan oleh Menteri Kebudayaan Mesir, Khaled El-Anany, kalau saat ini Piramida Bent tengah dirapikan.

"Kami resmi membuka Piramida Bent untuk wisatawan hari ini." ujar El-Anany di depan awak media (13/7).

Sejarahnya, piramida tersebut dibangun oleh Raja Snefru yang merupakan paraoh dari dinasti kerjaan keempat yang memimpin Mesir antara tahun 2575 ke 2551 sebelum masehi.

Piramida ini merupakan makam paraoh Snefru (Mohamed Abd El Ghany/Reuters)Piramida ini merupakan makam paraoh Snefru (Mohamed Abd El Ghany/Reuters)

"Dua piramida yang dibangun oleh Raja Snefru ini menginspirasi Khufu (anak Snefru) untuk membuat Piramida Giza, satu dari tujuh keajaiban dunia," ujar El-Anany.

BACA JUGA: 3 Piramida Kuno yang Jadi Misteri di Indonesia

Yang menarik, Piramida Bent juga memiliki keunikan yang membedakannya dengan piramida lain. Menurut media Asscoiated Press, sudut kemiringan Piramida Bent bergeser dari 54 derajat ke 43 derajat ketika dilihat dari jarak sepertiga.

Sedangkan menurut El-Anany, konstruksi piramida tersebut juga menandai transisi dari piramida yang biasanya curam menjadi lebih smooth atau landai.

Akhir bulan lalu, Piramida Lahun dari tanah liat yang diperkirakan berumur 4000 tahun juga baru saja dibuka untuk wisatawan di Kota Fayoum. Jaraknya sekitar 96 Km dari Kota Kairo.

Simak Video "17 Orang Tewas dalam Ledakan di RS Kanker Mesir"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA