Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 16 Jul 2019 12:10 WIB

TRAVEL NEWS

Mengharukan, Nelayan Selamatkan Penyu dan Burung yang Hampir Mati

Bonauli
detikTravel
Foto: (Thedodo/Twitter)
Foto: (Thedodo/Twitter)

FOKUS BERITA

Bumi Rumah Kita
Guatemala City - Kisah heroik dilakukan oleh kumpulan nelayan di laut Guatemala. Mereka menyelamatkan 3 penyu dan seekor burung yang hampir mati terjerat jaring.

Inilah kisah heroik nelayan di lautan Guatemala. Saat sedang melaut, sekelompok nelayan yang berada dalam satu kapal melihat hal menyedihkan dan merekamnya, seperti yang diintip dari akun Twitter The Dodo, Selasa (16/7/2019).

Dalam rekaman video tersebut terlihat sampah jaring yang mengambang di lautan saat itu. Sialnya, sampah tersebut menjerat hewan lain dan membuat mereka hampir mati.

Kapal nelayan mendekat ke sampah jaring tersebut. Begitu dilihat dari dekat, ada seekor burung dan 3 ekor penyu yang terikat dengan jaring tersebut.

Burung tersebut terlihat kelelahan. Sesekali burung tersebut mencoba untuk mengepakkan sayap agar tak tenggelam.


Keadaan 3 penyu lainnya pun terlihat menyedihkan. Sampah jaring tersebut mengikat kaki dan kepala penyu.

Segera setelah mendekat, para nelayan menyelamatkan si burung terlebih dahulu. Mereka mencoba menenangkan burung yang panik dan memotong jaring yang terikat di kakinya dengan gunting.

Begitu lepas, burung tersebut langsung terbang bebas. Tapi tugas para nelayan belum selesai. Masih ada 3 penyu yang menanti mereka.

Penyu pertama bisa lepas dengan mudah setelah jaring yang terikat di kakinya lepas. Namun penyu kedua butuh sedikit usaha.

Penyu kedua ini terikat di kaki dan kepalanya. Para nelayan harus memastikan bahwa jaring tersebut sudah lepas dari seluruh tubuh si penyu. Kemudian si penyu dilepas ke lautan.

Yang terakhir terlihat makin sulit untuk nelayan. Penyu ketiga terikat seluruhnya dengan jaring. Sehingga para nelayan harus menggunakan beberapa alat potong untuk menolongnya.

Para nelayan memotong dengan hati-hati. Mereka takut untuk membuat si penyu terakhir terluka. Jaring terikat dengan sangat erat, bahkan membuat kaki penyu terlipat.

Tapi para nelayan terus mencoba untuk memotong seluruh jaring di kaki penyu. Sampai akhirnya penyu terakhir bisa berenang ke lautan lepas.

Video tersebut sudah ditonton 547 ribu kali di Twitter. Komentar yang datang pun memuji aksi para nelayan tersebut.

Memang sangat terlihat sederhana, hanya sebuah sampah jaring yang tak terpakai. Namun akibatnya akan sangat berbahaya bagi makhluk hidup di lautan.

Yuk, kita sama-sama menjaga laut kita dengan tidak meninggalkan jejak apa pun saat liburan ke pantai. Mulai dari hal kecil bisa berdampak besar bagi lautan.




Simak Video "Polairud Sulteng Lepasliarkan 23 Penyu Sisik Hijau Hasil Tangkapan Nelayan "
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fay)

FOKUS BERITA

Bumi Rumah Kita
BERITA TERKAIT
BACA JUGA