Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 16 Jul 2019 20:40 WIB

TRAVEL NEWS

Ritual Penyucian Diri Suku Tengger, Probolinggo

M Rofiq
detikTravel
Ritual Melasti (M Rofiq/detikTravel)
Ritual Melasti (M Rofiq/detikTravel)
Probolinggo - Warga Suku Tengger melakukan upacara penyucian diri atau Ritual Melasti sebelum Yadnya Kasada. Harapannya manusia dijauhkan dari bencana.

Jelang Upacara Yadnya Kasada, Umat Hindu Suku Tengger di lereng Gunung Bromo melakukan Ritual Melasti atau Pembejian, di Pura Luhur Poten, Selasa (16/7/2019).

Ritual Melasti dilakukan sebagai bentuk penyucian diri, sebelum melaksanakan Ritual Yadnya Kasada yang merupakan upacara adat Umat Hindu Suku Tenger, yang diselenggarakan setiap tahun hari ke empat belas bulan Kasada.

Melasti di lereng Bromo, tepatnya di Pura Luhur Poten digelar sekitar pukul 10.00 dan selesai pukul 02.00 WIB.

Ritual Penyucian Diri Suku Tengger, ProbolinggoFoto: (M Rofiq/detikTravel)


Dalam prosesinya, warga Suku Tengger berjalan dari Pura menuju ke Watu Dukun yang merupakan user-user atau tempat setana anak pertama Joko Segger dan Roro Anteng, dimana merupakan dipercaya leluhur warga setempat.

Sampai di Watu Dukun warga Suku Tengger lantas menggelar ritual keagamaan, dan setelahnya kembali menuju ke Pura Luhur Poten.

Disebutkan Ketua PHDI Kabupaten Probolinggo, Bambang Suprapto mengatakan, dalam Melasti kali ini diharapkan umat manusia diberi kesejahteraan, keselamatan, kedamaian dan dijauhkan dari segala rintangan dan bencana.

Selain itu hubungan serasi manusia dengan tuhan, manusia dengan alam dan manusia dengan manusia.

"Jadi inti Melasti merupakan keharmonisan antara manusia, tuhan, alam dan sesama manusia," terang Bambang.

Disebutkan Bambang, jika dalam Ritual Melasti sendiri diikuti oleh warga dari 4 Kabupaten meliputi Probolinggo, Pasuruan, Lumajang dan Malang.

"Jadi rangkaian jelang upacara Yadnya Kasada ini ada 4 tahapan, mulai Mendak Tirta, Melasti, Pawedalan Pura dan puncaknya ritual Kasada," jelasnya.

Simak Video "Si Jago Merah Melahap Pabrik Pengolahan Kayu di Probolinggo"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA