Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 16 Jul 2019 23:00 WIB

TRAVEL NEWS

12 Fakta Gunung Gede yang Harus Diketahui Para Pendaki

Fithria Pratiwi
detikTravel
12 Fakta Gunung Gede yang Harus Diketahui Para Pendaki/Foto: Basri Bachtiar/dtraveler
12 Fakta Gunung Gede yang Harus Diketahui Para Pendaki/Foto: Basri Bachtiar/d'traveler

FOKUS BERITA

Naik Gunung Agustusan
Jakarta - Gunung Gede merupakan sebuah gunung berapi yang berada di Jawa Barat. Mau tahu apa saja fakta menarik dari gunung ini? Yuk simak artikel di bawah ini.

Gunung gede memiliki ketinggian mencapai 2.958 mdpl yang terletak di perbatasan wilayah Kabupaten Bogor, Cianjur, dan Sukabumi. Kondisi alam sekitarnya yang masih asri ini membuat banyaknya jenis ragam flora dan fauna.

Berikut fakta mengenai Gunung Gede yang harus kamu ketahui:



1. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Gunung Gede termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango yang merupakan salah satu dari lima taman nasional pertama kali diumumkan di Indonesia.

2. Memiliki 3 Jalur Pendakian

Jika kamu ingin mencoba menjajaki Gunung Gede bisa menggunakan 3 jalur. Akses menuju ke gunung ini bisa menggunakan jalur Cibodas, jalur Gunung Putri di Cipanas, dan jalur Selabintana di Sukabumi.

3. Alun-alun Surya Kencana

Alun-alun Surya Kencana terletak di sebelah timur Gunung Gede. Alun-alun ini sebuah padang rumput yang dihiasi tanaman edelweiss yang indah.

4. Telaga Biru

Telaga Biru bisa menjadi kunjungan wisata yang berada di sekitar Gunung Gede. Keindahan danau ini terpancar dari warna kebiruan pada airnya. Warna biru pada air ini disebabkan oleh banyaknya ganggang biru di sekitar telaga.





5. Warga Asing yang Pertama Kali Berhasil Mendaki

Pendaki pertama Gunung Gede bukanlah orang Indonesia, melainkan orang Jerman. Pria yang bernama C.G.C Reinwardt berhasil menaklukkan Gunung Gede pada April 1819.

6. Ditetapkan UNESCO sebagai Cagar Biosfir

Gunung Gede Pangrango berserta seluruh kawasan Taman Nasional ditetapkan oleh UNESCO sebagai cagar biosfir pada tahun 1977. Penetapan ini mengukuhkan jika keindahan alam gunung ini memang luar biasa.

7. Lembah Mandalawangi

Tokoh fenomenal Indonesia, Soe Hok Gie kerap menghabiskan waktu di Lembah Mandalawangi yang terdapat di sekitar Gunung Gede. Soe Hok Gie ini sempat membuat sebuah pusi berjudul yang sama yaitu "Mandalawangi-Pangrango". Hal ini membuat Lembah Mandalawangi menjadi salah satu tempat yang istimewa untuk kamu kunjungi.

8. Menerapkan Sistem Booking Pendakian

Para pendaki yang ingin mengunjungi gunung ini wajib melakukan booking online 30 hari sebelum pendakian. Pendaki wajib mengisi formulir pendaftaran beserta lampiran surat keterangan sehat. Hal ini bertujuan agar pendaki bisa mendapatkan surat izin memasuki kawasan konservasi.

9. Gunung Gede-Pangrango Merupakan Dua Gunung Berbeda

Meski sering dianggap menyatu, nyatanya kedua gunung ini tidaklah sama. Gunung Pangrango lebih tinggi dari Gunung Gede dengan ketinggian 3.019 mdpl.

10. Gunung Pangrango Belum Meletus

Beberapa fakta menyatakan jika Gunung Pangrango belum pernah meletus. Hal ini dibuktikan dari puncak gunung yang masih kerucut relatif mulus. Sementara Gunung Gede dinyatakan pernah meletus karena ditandai dengan keberadaan kawah-kawah aktif di sekitarnya.

11. Destinasi Wisata yang Terkenal

Kamu bisa menikmati beberapa destinasi wisata lainnya yang terdapat di sekitar Gunung Gede Pangrango. Ada beberapa destinasi wisata yang sudah sangat terkenal oleh para wisatawan seperti Canopy Trail dan Curug Cibeureum.

12. Banyak Pedagang Jajanan

Keunikan dari gunung ini adalah banyaknya warga sekitar yang menjajakan dagangannya. Kamu dapat menjumpai para pedagangan ini di Alun-alun Surya Kencana. Nasi uduk dan gorengan menjadi menu andalan utama yang harus kamu nikmati.

Itulah fakta mengenai Gunung Gede Pangrango yang dapat kamu nikmati. Dengan keindahan yang dimilikinya, kamu harus memasukkan gunung ini menjadi list pendakianmu selanjutnya.



Simak Video "Situgunung, Spot Instagramable Baru di Sukabumi"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/fay)

FOKUS BERITA

Naik Gunung Agustusan
BERITA TERKAIT