Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 23 Jul 2019 08:20 WIB

TRAVEL NEWS

Tambang Emas di Bukit Prabu Dekat Mandalika Akan Dihentikan

Harianto
detikTravel
Tambang emas Bukit Prabu di Mandalika, Lombok Tengah (Harianto/detikcom)
Tambang emas Bukit Prabu di Mandalika, Lombok Tengah (Harianto/detikcom)
Lombok Tengah - Galian tambang emas di Bukit Prabu, dekat kawasan wisata Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah akan segera ditutup. Penambangan liar menyebabkan kerusakan lingkungan.

Aktivitas penambangan liar yang berlokasi dekat dengan KEK Mandalika itu berlangsung sejak lebih dari 10 tahun lalu. Bukan hanya telah menyebabkan kerusakan lingkungan, tetapi juga korban jiwa.

Gubernur NTB, Zulkieflimansyah pada Senin (22/7/2019) sore kemarin meninjau langsung lokasi penambangan liar di Bukit Prabu.

"Sudah saatnya kita menghentikan penambangan liar tanpa izin ini karena memang selain merusak keindahan alam juga sangat berbahaya bagi kelestarian lingkungan kita," ungkap Zul saat itu.

Menurut Zul, jika penambangan ilegal itu tidak dihentikan, maka akan mengganggu kesinambungan pembangunan pariwisata yang saat ini sedang gencar dilakukan pemerintah di kawasan Mandalika. Karena itu, Zul akan segera membentuk tim untuk mengehentikan penambangan itu.

Tambang Emas di Bukit Prabu Dekat Mandalika Akan DihentikanFoto: (Harianto/detikcom)


"SK tim untuk penghentian penambangan liar di NTB ini segera saya tandatangani demi kesinambungan pembangunan kita," jelasnya.

Sebagaian besar penambang di Bukit Prabu jiga diduga telah menggunakan bahan kimia untuk proses penyulingannya. Pemda akan segera mencari solusi yang tepat untuk mengtasi persoalan itu.

"Pada saat yang sama mencari solusi segera agar lapangan pekerjaan segera tersedia bagi daerah-daerah yang dilarang penambangannya ini," ujarnya.

Simak Video "Tambang Emas Bawah Tanah Pongkor, Bogor"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA