Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 23 Jul 2019 10:20 WIB

TRAVEL NEWS

Ribuan Turis Diperkirakan Datang ke Pulau Banyak Selama Festival

Agus Setyadi
detikTravel
Foto: (Agus Setyadi/detikcom)
Foto: (Agus Setyadi/detikcom)
Aceh Singkil - Bupati Aceh Singkil Dulmusrid resmi membuka event Pulau Banyak International Festival 2019. Selama kegiatan berlangsung, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) menargetkan tiga ribu kunjungan turis ke pulau ini.

"Untuk event festival Pulau Banyak ini target pengunjung antara 2 ribu sampai 3 ribu orang. Dan akan tumpah ruah selama lima hari," kata Dulmusrid dalam sambutannya saat membuka Festival Pulau Banyak di kompleks pelabuhan penyeberangan di Pulau Balai, Kecamatan Pulau Banyak, Aceh Singkil, Senin (22/7/2019) malam.

Dulmusrid memperkirakan, dengan meningkatnya jumlah wisatawan akan memberi dampak terhadap perekonomian masyarakat. Dia mencontohkan, jika seorang turis menghabiskan uang Rp 300 ribu selama event berlangsung, maka miliaran uang berputar di Pulau Banyak.

"Jangka pendek tentunya ini sebuah nilai yang fantastis bagi peningkatan perekonomian masyarakat setempat. Warung makan akan banyak pesanan, penginapan akan terisi, transportasi akan kebanjiran orderan serta sektor-sektor perekonomian lainnya akan semakin bergeliat," bebernya.

Sementara target jangka panjang yaitu event ini diharapkan dapat membuka mata dunia terhadap keindahan Pulau Banyak. Dia yakin, sektor pariwisata ke depan akan berdampak sangat besar dan akan menjadi penyumbang pendapatan daerah terbesar Aceh Singkil.


"Saya mengimbau masyarakat Pulau Banyak terus menyambut baik tamu dengan penuh ramah tamah. Berikan pelayanan sepenuh hati agar mereka semua terkesan dan insyaAllah akan kembali ke Pulau Banyak yang kita cintai," harapnya.

Berdasarkan data pada tahun 2018, jumlah wisatawan nusantara yang berkunjung ke Pulau Banyak sebanyak 6735 orang. Sementara turis mancanegara berjumlah 2557 orang.

"Target ini akan terus bertambah pada tahun-tahun mendatang seiring semakin gencarnya promosi yang kita lakukan akan keindahan dan kenyamanan wisata ke Pulau Banyak," beber Dulmusrid.

Seperti diketahui, beragam kegiatan disuguhkan selama event Festival Pulau Banyak, di antaranya pagelaran seni budaya, festival kuliner, fun surfing, fun walk (jalan santai), lomba foto, camping pulau, fam trip, gathering genpi, pelatihan sumber daya desa wisata, pelatihan souvenir, pelatihan selam (diving), dan crossing ceremony.

Penasaran akan keindahannya, ayo ke Pulau Banyak!

Simak Video "Polisi Gerebek Pabrik Ekstasi Palsu, Satu Orang Ditangkap"
[Gambas:Video 20detik]
(agse/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Mural di Kanada Keren Banget!

Senin, 26 Agu 2019 06:56 WIB

Lupakanlah grafiti yang asal-asalan, sekarang zamannya mural yang keren menghias kota. Di Quebec, Kanada mural bisa jadi keren banget.