Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 31 Jul 2019 15:50 WIB

TRAVEL NEWS

Jokowi: Labuan Bajo Premium, Danau Toba Super

Afif Farhan
detikTravel
Presiden Jokowi di Danau Toba (dok Kementerian Pariwisata)
Presiden Jokowi di Danau Toba (dok Kementerian Pariwisata)
Jakarta - Belum lama, Presiden Jokowi mendatangi Labuan Bajo dan lanjut ke Danau Toba. Tampaknya, Jokowi serius soal pariwisata.

Rabu (11/7) kemarin, Presiden Jokowi bersama jajarannya berkunjung ke Labuan Bajo, NTT. Sekitar 3 hari, Jokowi mendatangi beberapa destinasi di sana seperti Puncak Waringin hingga Pulau Rinca di Taman Nasional Komodo.

Labuan Bajo sendiri merupakan salah satu 10 Destinasi Prioritas atau juga disebut 10 Bali Baru. Oleh sebab itu, Jokowi menekankan pembangunan pariwisata di sana dan berkelas premium. Artinya, kualitas turisnya yang ditekankan.

"Segmentasi yang premium, oleh sebab itu penataan kawasan di Labuan Bajo penting sekali," jelas Jokowi.

BACA JUGA: Demi Pariwisata, Jokowi Minta Penataan Labuan Bajo Dipercepat

"Yang ingin kita percepat pertama bandara, terminal akan kita besarkan, runway diperpanjang, maksimal tahun depan rampung semua. Kemudian pengelolaan akan dilelang, terutama kita ingin agar yang mengelola airport ini yang memiliki jaringan pariwisata internasional, sehingga yang datang ke sini turis-turis yang diharapkan meningkatkan devisa," paparnya.

"Kita akan rapikan sebagai pusat craft di Labuan Bajo. Ini total memang penataannya. Kemudian pelabuhan untuk kontainer akan dipindah ke tempat lain, di sini hanya untuk penumpang, pinisi. Yang dipindah kargonya aja," lanjut Jokowi menjelaskan.

Presiden Jokowi di Labuan Bajo (Agus Suparto/Fotografer Jokowi)Presiden Jokowi di Labuan Bajo (Agus Suparto/Fotografer Jokowi)


Soal pelabuhan di sana, Jokowi ingin mengubahnya menjadi pelabuhan khusus yang melayani kapal penumpang. Bukan lagi kapal barang.

"Pelabuhan untuk kontainer akan dipindah ke tempat lain, di sini hanya untuk penumpang, pinisi. Yang dipindah kargonya aja," kata Jokowi.

Namun, masih ada satu masalah mengganjal di Labuan Bajo. Khususnya soal Pulau Komodo, terkait wacana penutupannya yang masih jadi pro kontra.

BACA JUGA: Pak Jokowi, Tolong Jangan Tutup Pulau Komodo

Kemudian selanjutnya, Selasa (30/7) kemarin, Presiden Jokowi mendatangi Danau Toba yang juga masuk dalam daftar 10 Bali Baru. Di sini, Jokowi pun menegaskan ingin Danau Toba menjadi destinasi wisata kelas super.

"Inilah step-step yang terus akan kita kerjakan agar kawasan Danau Toba itu betul-betul jadi sebuah kawasan wisata yang kelasnya super. Meskipun sekarang sudah, ini kalau kita lebih detailkan lagi, saya kira potensi untuk menjadi kawasan wisata yang kelasnya super saya kira sangat besar sekali," terang Jokowi.

Apalagi, kata Jokowi, sejumlah fasilitas pendukung sudah dibangun. Dengan adanya fasilitas tersebut, Jokowi berharap investasi akan masuk ke kawasan Danau Toba.

"Bandaranya siap, infrastruktur sudah dimulai dikerjakan, terus nanti yang tadi di Sibisa tadi juga investasi nanti didorong ke sana," katanya.

Presiden Jokowi di Danau Toba (dok Kementerian Pariwisata)Presiden Jokowi di Danau Toba (dok Kementerian Pariwisata)


Sektor pariwisata memang menjadi andalan untuk pemasukan daerah Kabupaten Samosir. Dia mendapat laporan dari Bupati Samosir Rapidin Simbolon, dalam setahun terakhir pemasukan kas daerah dari sektor pariwisata naik sekitar 81 persen, yakni dari Rp 34 miliar menjadi Rp 54 miliar.

BACA JUGA: Pemerintah: Pembangunan Aksesbilitas Danau Toba Selesai 2020

Setelah Labuan Bajo dan Danau Toba, selanjutnya apa?

Simak Video "Jokowi Akan Sulap Danau Toba Jadi Kawasan Wisata Berkelas"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA