Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 03 Agu 2019 09:15 WIB

TRAVEL NEWS

Penerbangan Bertambah, Aksesabilitas ke Banyuwangi Semakin Mudah

Ardian Fanani
detikTravel
Foto: (Ardian Fanani/detikcom)
Foto: (Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi - Aksesabilitas dari dan ke Banyuwangi semakin terbuka lebar. Beberapa maskapai pun mulai membuka rute penerbangan PP menuju Banyuwangi.

Seiring dengan dua maskapai yang membuka rute penerbangan yang berbeda dari jadwal saat ini. Salah satunya adalah Xpressair yang membuka rute penerbangan Banyuwangi - Banjarmasin PP. Penerbangan ini akan dilakukan 3 kali dalam seminggu. Rute penerbangan ini diharapkan menjadi pilihan wisatawan datang ke Banyuwangi.

Xpressair bakal membuka rute penerbangan pada 10 Agustus 2019. Untuk jadwal penerbangan Banjarmasin - Banyuwangi pukul 12:40 Wita - 12:55 WIB dan Banyuwangi - Banjarmasin 13:25 WIB - 15:40 Wita. Frekuensi terbang rute baru dari dan ke Banyuwangi adalah 3 kali dalam seminggu, yaitu setiap hari Selasa, Kamis, dan Sabtu.

"Ini merupakan kado istimewa dari kami untuk warga Banyuwangi dan sekitarnya pada HUT Kemerdekaan RI. Kami membuka penerbangan untuk menjembatani juga sektor pariwisata untuk ke dua daerah dan mempersingkat waktu perjalanan," ujar anny Andri, Direktur Komersial Xpressair kepada detikcom, Sabtu (3/8/2019).

Pada penerbangan ini, kata Fanny, pesawat yang digunakan adalah pesawat Boeing 737 seri 500/300 dengan kapasitas 120 - 140 penumpang. Pesawat ini akan melayani kelas economy priority sebanyak 4 seat, sisanya merupakan kelas ekonomi.

"Pesawat ini bakal memberikan kenyamanan lebih bagi masyarakat. Xpressair tetap memberikan gratis bagasi 20 Kg. Kenyamanan untuk para wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Tujuannya juga sebagai jembatan dalam meningkatkan ekonomi daerah," pungkasnya.

Tak hanya penerbangan Banjarmasin- Banyuwangi, penerbangan di Bandara Internasional Banyuwangi juga akan bertambah dengan adanya rute baru dari Citilink. Anak perusahaan Garuda Indonesia Airways ini bakal membuka rute penerbangan Banyuwangi - Denpasar. Citilink bakal memulai penerbangan Denpasar - Banyuwangi tanggal 9 Agustus 2019 mendatang.

"Ada penambahan 2 penerbangan di Banyuwangi. Selain Xpressair adapula Citilink rute penerbangan Denpasar- Banyuwangi. Penerbangan awal akan digelar tanggal 9 Agustus," ujar Anton Marthalius, Eksekutif General Manager Bandara Internasional Banyuwangi kepada detikcom.

Dengan penambahan dua penerbangan ini, kata Anton, traffic daily di Bandara Internasional Banyuwangi meningkat menjadi 14 kali pada hari-hari tertentu. Dibanding sebelumnya hanya 12 kali. Namun khusus di hari minggu akan meningkat menjadi 15 kali take off-landing di bandara paling ujung Timur Pulau Jawa ini.

"Ada penambahan pergerakan pesawat pada bandara Banyuwangi. Selasa, Kamis, dan Sabtu menjadi 14 kali pergerakan. Untuk daily juga nambah 1 pergerakan pesawat. Sementara hari Minggu juga ada penambahan satu pesawat dari Citilink," tambahnya.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, aksesabilitas menuju Banyuwangi kian bertambah. Seiring dengan kemajuan pariwisata yang getol di bangun oleh Banyuwangi. Pihaknya berterima kasih kepada maskapai-askapai yang turut membangun dan merajut jalur transportasi dari dan ke Banyuwangi.

"Sebuah keniscayaan jika pariwisata tak lepas dari transportasi. Karena Banyuwangi yang sulit dijangkau oleh kendaraan darat dan membutuhkan waktu yang lama, maka transportasi udara menjadi pilihan. Terima kasih Citilink dan Expressair yang membuka dua rute berbeda di Bandara Internasional Banyuwangi," ujarnya kepada detikcom.

Penerbangan ini, kata Bupati Anas, tak hanya dimanfaatkan oleh Banyuwangi saja, daerah lain di sekitar Banyuwangi seperti Jember, Situbondo, Bondowoso dan Bali Barat turut menikmati akses penerbangan ini. Sebab Bandara Banyuwangi menjadi penyangga daerah-daerah terdekat dengan kabupaten paling ujung Timur Pulau Jawa ini.

"Adanya bandara ini menjadi penyangga daerah yang ada di sekitar Banyuwangi. Mari kita manfaatkan dengan baik," pungkasnya.



Simak Video "Indonesia Channel 2019, Pemuda-pemudi Mancanegara Suguhkan Seni Nusantara"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED