Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 07 Agu 2019 10:38 WIB

TRAVEL NEWS

Yuk Ikut Lomba Tulis & Video Wisata, Berhadiah Total Rp 500 Juta

Akfa Nasrulhak
detikTravel
Lumban Gaol Danau Toba/Foto: Shinta Angriyana/detikcom
Lumban Gaol Danau Toba/Foto: Shinta Angriyana/detikcom
Jakarta - Biro Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata (Kemenpar) kembali mengadakan Anugerah Pewarta Wisata Indonesia (APWI) 2019. Ajang ini sebagai apresiasi untuk tulisan dan tayangan feature karya para pewarta wisata Indonesia.

APWI tahun ini sangat spesial karena karya-karya feature yang dilombakan mengusung tema 'Millennial Tourism'. APWI dikompetisikan berbagai kategori dengan total hadiah mencapai Rp 500 juta. Selain itu, kategori 'Best of the Best' yang terpilih akan memenangkan hadiah uang tunai sebesar Rp 100 juta.

"Untuk tahun ini ada kategori tambahan yaitu Kategori Khusus untuk para pewarta yang membuat karya tulisan dan video Feature tentang Destinasi Super Prioritas," ujar Kepala Biro Komunikasi Publik (Komblik) Kemenpar Guntur Sakti, Rabu (7/8/2019).


Kategori Khusus ini, dalam rangka ditetapkannya Destinasi Super Prioritas (Danau Toba, Mandalika, Labuan Bajo, Borobudur) oleh Presiden Joko Widodo.

Karya berupa feature berbentuk artikel atau video mengenai Destinasi Super Prioritas. Karya feature harus terbit dalam kurun waktu 1 Januari sampai 16 Agustus 2019 dengan maksimal pengiriman 3 karya tulisan atau video.

"Batas waktu pengiriman 16 Agustus 2019, Jangan lupa cantumkan keterangan 'KATEGORI KHUSUS' pada email atau amplop surat bila dikirim via pos," tambah Guntur.

Tema utama APWI 2019 yaitu Millennial Tourism untuk 5 Kategori (Koran, Majalah, Online, Blogger, dan Tayangan Televisi) serta ditambah Kategori Khusus 'Destinasi Super Prioritas'.

Yuk Ikut Lomba Tulis & Video Wisata Berhadiah Total Rp 500 JutaFoto: Dok Kemenpar

Penasaran, apa sih Millennial Tourism? Millennial tourism adalah pariwisata untuk generasi milenial yang menuntut penggunaan digital (digital experience) dalam segala aspek. Mulai dari inspirasi (mendapat ide berlibur), melakukan riset dan perencanaan liburan, mem-booking pesawat dan hotel, berada di airport, sampai tiba di destinasi dan menikmatinya (selfie).

"Para pewarta dan Blogger yang pernah memiliki pengalaman datang ke destinasi yang memanfaatkan digital sebagai daya tarik. Atau meliput penggunaan digital dalam ekosistem industri pariwisata, jangan lupa menuangkan pengalaman kalian dalam feature yang menarik dan ikutkan lomba ini," tutur Guntur.

Guntur menambahkan, minat para insan pewarta pariwisata dalam mengikuti lomba APWI terus meningkat. Tahun 2018, karya yang ditampilkan mencapai 432 karya berupa artikel dan video terdiri atas majalah sebanyak 56 artikel, surat kabar 43 artikel, media online 119 artikel, blogger 153 artikel, dan 61 tayangan video.

"Jumlah peserta APWI 2018 meningkat pesat. Bila pada APWI 2017 diikuti 106 karya peserta, tahun 2018 meningkat menjadi 432 karya peserta. Tahun 2019 diharapkan lebih meningkat karena total hadiah Rp 500 juta. Tahun kemarin hanya Rp 300 juta," kata Guntur.


Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menetapkan Millennial Tourism sebagai tema, sejalan dengan program strategis Kemenpar. Millennial Tourism sebagai pendorong meningkatnya target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia tahun ini sebanyak 20 juta wisman yang diproyeksikan 50% di antaranya adalah millennials.

"Saya tetapkan tema Millennial Tourism untuk lomba APWI 2019. Dengan tambahan kategori Destinasi Super Prioritas karena keempat destinasi ini juga menjadi andalan mendatangkan wisman," kata Menpar Arief Yahya.

Ayo tunggu apa lagi, segera kirimkan karya tulisan (koran, majalah, online, blog) dan video tayangan televisi tentang Millenial Tourism dan Destinasi Super Prioritas. Untuk informasi lengkapnya, silakan hubungi Contact Person Anggy +62 819-3410-7979 dan Paulin +62 856-9547-8238.

Simak Video "Jokowi Akan Sulap Danau Toba Jadi Kawasan Wisata Berkelas"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED