Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 07 Agu 2019 18:55 WIB

TRAVEL NEWS

Rute Denpasar-Banyuwangi Buka, Bupati Anas Optimis Tambah Kunjungan Turis

Aditya Mardiastuti
detikTravel
Jumpa pers pembukaan kembali rute Denpasar-Banyuwangi (Aditya/detikcom)
Jumpa pers pembukaan kembali rute Denpasar-Banyuwangi (Aditya/detikcom)
Banyuwangi - Rute Banyuwangi-Denpasar (PP) kembali dibuka akhir pekan ini. Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas optimis rute ini bakal memacu kunjungan turis ke Banyuwangi.

"Bali adalah gerbang utama pariwisata Indonesia. Tiap tahun ada 5-6 juta wisatawan mancanegara menuju Bali. Kalau Banyuwangi dapat 5 persen saja, sudah dapat minimal 250 ribu wisatawan mancanegara," kata Anas saat jumpa pers di Rumah Sanur, Denpasar, Bali, Rabu (7/8/2019).

BACA JUGA: Akhir Pekan Romantis Bareng Glenn Fredly di Banyuwangi, Mau?

Penerbangan perdana itu bakal pada Jumat (9/8) besok. Pesawat Citilink bakal memulai penerbangan tersebut dari Bandara Banyuwangi menuju Bandara I Gusti Ngurah Rai Denpasar pukul 08.00 Wita. Sementara pesawat dari Ngurah Rai menuju Banyuwangi bakal terbang pukul 10.05 Wita.

Anas juga menyinggung kedekatan budaya secara historis antara Banyuwangi dengan Bali. Dengan penerbangan ini diharapkan bakal menggerakkan perekonomian masyarakat di Bumi Blambangan.

"Ini menjalin relasi kebudayaan Bali dan Banyuwangi, di mana sebenarnya secara historis ada hubungan yang sangat dekat antara warga Bali dan Banyuwangi. Apalagi masing-masing kaya dengan kekhasannya, saya kira sinergi baik sekarang wisata di Bali Barat para turis sudah turun di Banyuwangi kemudian menyiapkan kapal cepat ke Bali barat," tutur Anas.

(Aditya/detikcom)(Aditya/detikcom)
Di lokasi yang sama, District Sales Manager Citilink Denpasar Raden Cahyo Katon optimistis rute Banyuwangi-Denpasar pp ini bakal diminati wisatawan. Apalagi hari ini tercatat sudah ada 75 seat terisi dari total 180 seat yang ada.

"Harapan kami tentunya akan membuka pasar baru yang terkendala transportasi dari Bali, kita tahu Bali merupakan destinasi dari mancanegara. Sampai pagi ini jumlah isiannya cukup menggembirakan di kisaran 75 ini cukup lumayan untuk rute baru, terima kasih support dari kabupaten, selain itu kami juga berusaha mempromosikan dari website kami dan menampilkan Banyuwangi sebagai highlight," urainya.

Dari catatan pemda hingga saat ini terjadi peningkatan jumlah penumpang di bandara Banyuwangi. Dari 7.826 penumpang pada 2010 kemudian melonjak menjadi 366.164 pada 2018.

(Aditya/detikcom)(Aditya/detikcom)
Dari jumlah tersebut wisatawan nusantara melonjak dari 500 ribu pada 2010 menjadi 5,3 juta orang pada 2018. Kemudian wisatawan mancanegara dari 7 ribu penumpang di 2010 menjadi 127.420 pada 2018. Selain itu tingkat kepuasan wisman di Banyuwangi khususnya Kawah Ijen berdasarkan big data TripAdvisor, 76 persen wisatawan mancanegara memberi nilai 'excellent'.

Acara ini juga dihadiri Kadis Perhubungan Banyuwangi Ali Ruci, serta para pengurus Ikatan Keluarga Banyuwangi (Ikawangi) Dewata. Sebelum kembali dibuka, penerbangan rute Banyuwangi-Denpasar terakhir ada pada 2011 lalu.

Simak Video "Indonesia Channel 2019, Pemuda-pemudi Mancanegara Suguhkan Seni Nusantara"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED