Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 13 Agu 2019 09:15 WIB

TRAVEL NEWS

Jepang Memang Canggih, Tahi Kelinci Akan Jadi Bahan Bakar Pesawat

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Ilustrasi pesawat All Nippon Airways (ANA) (Toru Hanai/Reuters)
Ilustrasi pesawat All Nippon Airways (ANA) (Toru Hanai/Reuters)
Tokyo - Maskapai All Nippon Airways (ANA) dari Jepang punya rencana unik di masa depan. Mereka berencana memakai kotoran kelinci untuk bahan bakar pesawat tahun 2021.

Kemajuan teknologi membawa dampak yang cukup buruk bagi lingkungan. Tapi di sisi lain, teknologi juga bisa digunakan untuk menciptakan bahan bakar yang ramah lingkungan.

Baru-baru ini, maskapai ANA dari Jepang bekerja sama dengan perusahaan bernama LanzaTech, berencana membuat terobosan baru berupa bahan bakar 'hijau' yang terbuat dari kotoran kelinci.

Dihimpun detikcom dari beberapa sumber, Selasa (13/8/2019), bahan bakar kotoran kelinci ini rencananya paling cepat bisa digunakan untuk penerbangan komersil mulai tahun 2021.

Bahan bakar ramah lingkungan tersebut dibuat dari bahan nabati, yang dalam prosesnya akan diubah menjadi ethanol, dengan menggunakan enzim yang ditemukan di dalam kotoran kelinci.

Bahan bakar kotoran kelinci ini masih tetap harus dicampur dengan bahan bakar minyak bumi dengan perbandingan 50:50. Saat ini, bahan bakar tersebut masih dalam proses uji coba.

"Bahan bakar ini akan membantu kita mengurangi emisi karbondioksida dan memenuhi ambisi pembangunan berkelanjutan yang sudah pihak maskapai tentukan," kata Akihiko Miura, Executive Vice President ANA.

Semoga, di tahun 2021 bahan bakar hijau ini sudah bisa dipakai di pesawat-pesawat ANA. Keren!






Simak Video "Aksi Unik Sinterklas di Tokyo, Jepang"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED