Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 14 Agu 2019 18:20 WIB

TRAVEL NEWS

Tren Hotel Kapsul di Jakarta Makin Digemari Anak Muda

Syanti Mustika
detikTravel
Foto: (Syanti Mustika/detikcom)
Foto: (Syanti Mustika/detikcom)
Jakarta - Hotel kaspul menjadi salah satu pilihan para backpaker untuk menginap. Di Jakarta, hotel kapsul semakin berkembang dan digemari milenial.

Menginap di hotel kapsul menjadi pilihan favorit para backpaker dimanapun mereka bepergian. Hal ini dikarenakan harga menginap terjangkau, fasilitas lengkap dan mudah bertemu dengan orang-orang baru.

Di Jakarta, terdapat beberapa hotel kapsul yang cukup populer, salah satunya adalah Nomad Hostel di Kemang. Hotel yang berada di bawah naungan Archipelago Grup ini telah 1 tahun berdiri di Jakarta.

Rizal Abdullah, Hostel Manager Nomad Hostel mengatakan, bahwa selama setahun terakhir hotel kapsul semakin digemari para wisatawan, terutama para milenial.

"Selama setahun terakhir kita mengalami perkembangan yang cukup berarti. Awalnya kita menargetkan hostel ini untuk para backpaker asing. Namun ternyata yang ramai menginap malah para anak muda-muda dan traveler negeri," ungkap Rizal saat dihubungi detikcom, Rabu (14/8/2019).

(Syanti/detikcom)(dok Nomad Hostel)


Berdasarkan pengamatan sosial media dan dari pemesanan, yang ramai berkunjung ke Nomad Hostel adalah para milenial. Dan persentasi anak muda mencapai 80 persen.

"Berdasarkan sosial media dan data pemesanan kita, 80 persen pengunjung kita adalah anak muda berumur 22-27 tahun. Dan 15 persen direntang umur 27-30 tahun. Sedangkan 5 persen laginya pengunjung dalam kategori lain-lainnya," kata Rizal.

Keberadaan Nomad Hostel tak lepas dari pengaruh sosial media. Dalam pengembangannya pun, hotel ini menggunakan sosial media untuk memperkenalkan dan mempromosikan hotel.

"Segmen pasar kita kan anak muda, dan mau tidak mau kita mengikuti kebiasaan anak muda sekarang yang aktif di sosial media. Jadi untuk pengembangan dan pemasaran hostel, kita lebih aktif di sosial media," tambahnya.

Tren Hotel Kapsul di Jakarta Makin Digemari Anak MudaFoto: (Syanti Mustika/detikcom)


Semakin diminatinya hotel kapsul oleh anak muda terlihat dari ramainya setiap weekend yang menginap di hotel. Bahkan di hari biasa mereka juga ada yang menginap.

"Setiap weekend kita selalu ramai, bisa dikatakan 70 persen pod kita terisi. Di hari biasa juga ada yang menginap, tapi tidak seramai saat weekend," ujarnya.

BACA JUGA: Hotel Kapsul di Stasiun Gambir, Kayak Apa Sih?

Selain diminati anak muda, wisatawan asing pun juga melirik Nomad Hostel. Walau persentasi pengunjungnya masih kecil.

"10 Persen dari konsumen kita adalah wisatawan asing. Dan pada umumnya yang menginap di sini adalah para backpaker dan model. Karena di sekitar sini juga banyak PH kan, jadi model-model juga sering menginap di sini," kata Rizal lagi.

Untuk perkembangan hostel lebih lanjut, Rizal mengatakan bahwa dia dan timnya sedang menyiapkan kamar private untuk konsumen. Dan juga mereka akan memasarkan hostel lebih kuat lagi di sosial media.

"Hostel kita kan lebih sering menggaet acara social event gitu, dan terkadang ada beberapa yang minta kamar yang private yang diperuntukan untuk tamu khusus, misalnya wali murid atau guru-guru. Dan ini sedang kita rencanakan. Dan untuk langkah lebih lanjut kita akan memperkuat jaringan dan berinteraksi di sosial media dengan para konsumen," jelasnya.

Untuk dapat menginap di Nomad Hostel, traveler dikenakan biaya Rp 140 per malamnya. Dan dalam rangka ulang tahun, Nomad Hostel punya promo potongan harga menginap 30 persen hingga akhir bulan Agustus.

Simak Video "Udara Jakarta Terburuk di Dunia, Warga Berani Tamasya?"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Mural di Kanada Keren Banget!

Senin, 26 Agu 2019 06:56 WIB

Lupakanlah grafiti yang asal-asalan, sekarang zamannya mural yang keren menghias kota. Di Quebec, Kanada mural bisa jadi keren banget.