Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 15 Agu 2019 13:20 WIB

TRAVEL NEWS

Petugas TN Tambora Padamkan Api Kebakaran Lahan di Bima NTB

Faruk Nickyrawi
detikTravel
Foto: (Faruk Nickyrawi/detikcom)
Foto: (Faruk Nickyrawi/detikcom)
Bima - Kebakaran lahan saat kemarau menjadi ancaman di Taman Nasional Tambora. Petugas berjibaku memadamkan api sebelum merembet masuk ke taman nasional.

Kebakaran lahan yang gersang kembali terjadi, kali ini menimpa wilayah usaha tani lestari di Desa Piong, Kecamatan Sanggar, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat.

Kebakaran lahan yang terjadi sejak Selasa (13/8) lalu itu, mencapai 340 hektare. Petugas Balai Taman Nasional Gunung Tambora berhasil memadamkan api yang dibantu oleh masyarakat binaan (masyarakat peduli api dan Masyarakat mitra Polhut), TNI, Polri serta personel Kecamatan Sanggar.

"Areal yang terbakar sebagian besar di areal konsesi PT UTL (Usaha Tani Lestari) yang masuk wilayah kerja BKPH Tambora. Api berhasil dipadamkan oleh tim balai TN Tambora bersama masyarakat binaan dan itu terjadi di wilayah Donggo Tabe Na'e, Desa Piong, Kecamatan Sanggar," ungkap Kepala Balai TNGT, Murlan Dameria Pane, pada detikcom, Kamis (15/8/2019).


Petugas TN Tambora Padamkan Api Kebakaran Lahan di Bima NTBFoto: (Faruk Nickyrawi/detikcom)

Perkiraan luas lahan yang terbakar kurang lebih 340 hektare, dimana 90 persen dari areal terbakar tersebut berada di wilayah izin PT UTL, wilayah pengawasan BKPH Tambora.

"Tim Balai TN Tambora bersama mitra memadamkan kebakaran tersebut meski sebagian besar di luar TN didasari pemikiran bahwa jika dibiarkan maka kebakaran tersebut akan meluas ke kawasan TN Tambora, sehingga tim bergerak sigap untuk memadamkan kebakaran tersebut," ujarnya.

"Areal mereka yang terbakar kami yang padamkan, kalau wilayah TN Tambora hanya kebagian rembetan api saja," tambahnya.

Petugas TN Tambora Padamkan Api Kebakaran Lahan di Bima NTBFoto: (Faruk Nickyrawi/detikcom)


Simak Video "Kritik Bima Arya untuk PAN"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED