Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 15 Agu 2019 14:50 WIB

TRAVEL NEWS

Ternyata Warga Amerika Serikat Suka Gamelan

Syanti Mustika
detikTravel
Ilustrasi, foto International Gamelan Festival (Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Ilustrasi, foto International Gamelan Festival (Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Jakarta - Gamelan menjadi salah satu media promosi wisata dan budaya Indonesia. Ternyata di Amerika Serikat, gamelan sudah dikenal lama lho.

Gamelan menjadi salah satu media yang digunakan untuk memperkenalkan bidaya Indonesia. Musik gamelan pun juga terkenal hingga ke Amerika Serikat dan salah satu yang mengenalkannya adalah mahasiswa Indonesia yang kuliah di sana.

Dalam rapat dan jumpa media Indonesia Culture Caravan (ICC) 2019, Kamis (15/8/2019) di Gedung Sapta Pesona, alumni BIG TEN yang merupakan perkumpulan mahasiwa Indonesia yang kuliah di Midwest USA mengatakan bahwa gamelan telah dikenal Amerika sejak lama.

"Gamelan telah dikenal di Amerika. Khususnya di Kampus Michigan, gamelan telah ada semenjak tahun 1976. Dan setiap tahunnya selalu ada pementasan besar yang dikunjungi hingga 2.000 orang," ujar Henry Rahardja, alumni Universitas Michigan yang juga Perkumpulan Alumni Big Ten di Indonesia.

Niken Wulandari, perwakilan dari Sekolah Bogor Raya mengunhkapkan fakta menarik. Ternyata, ada 400 grup gamelan di AS.

"Kalau tidak salah ada 400 grup gamelan yang anggotanya sebagian besar adalah orang Amerika. Ini membuktikan bahwa ketertarikan masyarakat di sana untuk belajar dan mengenal gamelan tinggi," ungkap Niken.

Hal yang sama juga disampaikan Rosmalawati Chalid, Konjen RI Chicago melalui Skype bahwa animo masyarakat Amerika Serikat terhadap gamelan sangat tinggi. Terlihat adanya laporan setiap tahunnya pementasan gamelan ke KJRI.

Ternyata Warga Amerika Serikat Suka GamelanFoto: (Syanti/detikcom)

"Saya merasakan animo masyarakat di sini sangat tinggi. Setiap tahun kami selalu mendapatkan informasi mengenai kelompok gamelan yang konser atau tampil. Mereka selalu mengisi acara-acara dan tampil di musim semi dan gugur," ungkap Rosmalawati.

"Ditambah lagi semenjak adanyanya grup Chicago Balinise Gamelan, penampilan gamelan semakin dilirik. Mereka juga pernah tahun lalu menjadi best performing grup dari pameran travel di Chicago.

Dengan ada dan dikenalnya gamelan di mancanegara, khususnya di Amerika Serikat, Rosmalawati berharap kelompok gamelan semakin berkembang di sana. "Kita berharap kelompok-kelompok gamelan ini semakin berkembang. Hingga budaya Indonesia semakin dimintai hingga mereka ingin wisata ke Indonesia," tutupnya.

Penyelenggaraan ICC 2019 merupakan salah satu rangkaian memperingati 70 Tahun Hubungan Diplomatik RI AS dengan membawa 27 delegasi. Delwgaai ini merupakan gabungan dari Big Ten dengan siswa-siswa Sekokah Sekolah Bogor Raya.

Nanti mereka akan menampilkan kesenian gamelan Sunda dan Jawa serta tarian tradisional di 6 kota di Midwest USA. Para delegasi akan berangkat tanggal 26 September dan kembali 12 Oktober 2019.

Simak Video "Wow! Ada Crepes Sepanjang 1 Meter di Amerika "
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED