Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 15 Agu 2019 22:15 WIB

TRAVEL NEWS

5 Fakta Denmark, Negara Paling Anti Korupsi

Afif Farhan
detikTravel
Warga negara Denmark (Thinkstock)
Warga negara Denmark (Thinkstock)
Kopenhagen - Denmark punya banyak julukan, dari 'Negara Paling Bahagia' sampai 'Negara Paling Bebas Korupsi'. Berikut 5 fakta negaranya.

Denmark merupakan negara di kawasan Skandinavia di Eropa. Memang namanya belum sepamor Prancis atau Inggris untuk menjadi destinasi wisata, tapi Denmark punya banyak hal menarik untuk traveler.

Dirangkum detikcom, Kamis (15/8/2019) berikut 5 fakta negara Denmark:

1. Negara Paling Bahagia di Dunia

Jika menyebut negara paling bahagia di dunia, maka Denmark adalah salah satunya. United Nation atau PBB melalui World Happiness Report, tiap tahun mengeluarkan daftar negara paling bahagia di dunia. Denmark, selalu ada di posisi 5 besar.

Mengapa Denmark menjadi negara paling bahagia? Banyak jawabannya. Pemerintah Denmark memperhatikan betul faktor sosial, ekonomi, kesehatan sampai pekerjaan bagi warganya. Tahukah kamu. jatah cuti para pekerja di Denmark adalah 5 pekan atau 35 hari dalam setahun.

Rumah sakit-rumah sakit di sana pun gratis, baik untuk pengobatan hingga operasi. Sekolah-sekolah dan universitas-universitas juga banyak yang gratis, serta banyak bantuan beasiswa bagi yang berprestasi untuk terus belajar ke jenjang yang lebih tinggi. Bahkan orang yang masih menganggur turut mendapat tunjangan sampai dia mendapat pekerjaan.

(Thinkstock)(Thinkstock)


2. Tempat Tinggal yang Tidak Jauh dari Laut

Fakta menarik dari Denmark adalah, tidak ada tempat tinggal yang jauh dari laut. Paling jauh, berjarak 52 km.

Denmark meliputi total luas tanah 43.094 km2. Wilayah negara ini terdiri dari Semenanjung Jutland dan kepulauan. Denmark memiliki total 8.750 km garis pantai.

Dekat dengan laut, membuat makanan Denmark tak jauh-jauh dari olahan seafood. Tentu, lezat dan menyehatkan bukan?

(Thinkstock)(Thinkstock)


3. Negara Penjual Budak Pertama yang Melarang Perbudakaan

Denmark secara aktif berpartisipasi dalam perdagangan budak transatlantik pada tahun 1600-an. Namun menariknya, Denmark kemudian menjadi negara pertama yang melarang perbudakan.

Pada 1788, Paul Erdmann Isert (seorang dokter dan penulis) menerbitkan sebuah buku yang mengutuk perdagangan budak. Buku tersebut sampai di tangan penguasa Denmark, Christian VII. Dia pun terinspirasi dan mengeluarkan aturan pelarangan jual-beli budak.

Selanjutnya tahun 1792, tidak ada lagi jual-beli budak di Denmark. hal tersebut pun menginspirasi negara-negara lain.

BACA JUGA: Tahukah Kamu Arti Nama Papua?

4. Negara Paling Ramah Untuk Pesepeda

Kota-kota di Denmark sangat ramah untuk pesepeda. Sebagai bukti, sebanyak 62 persen warga Kopenhagen (ibukota negara Denmark) menggunakan sepeda sebagai alat transportasi sehari-hari. Ada yang pakai sepeda untuk ke sekolah, sampai untuk bekerja.

Bahkan rata-rata, warga Denmark bersepeda sejauh 1,2 km setiap harinya. Pemerintah Denmark merancang jalur sepeda yang baik nan nyaman, serta proyek-proyek perkotaan harus memprioritaskan hak-hak pesepeda.

Alasan warga Denmark suka naik sepeda adalah karena murah, badan jadi sehat dan ramah lingkungan. Simpel banget!

Warga Kopenhagen yang gowes sepeda sebagai transportasi sehari-hari (Erwin Dariyanto/detikcom)Warga Kopenhagen yang gowes sepeda sebagai transportasi sehari-hari (Erwin Dariyanto/detikcom)


5. Negara Paling Anti Korupsi

Tahukah kamu, Denmark merupakan negara paling tidak korup alias paling anti korupsi di dunia. Menurut Corruption Perceptions Index (CPI), Denmark menempati peringkat pertama sebagai negara paling bebas korupsi yang disusul New Zealand dan Finlandia.

Pemerintah Denmark begitu transparan kepada warganya. Pajak-pajak tinggi, semuanya mengalir kembali ke warga untuk fasilitas kesehatan dan pendidikan yang gratis.

Selain itu, tingkat kepercayaan warga Denmark kepada pemerintahnya pun begitu tinggi. Integritas dalam politik adalah kunci untuk memerangi korupsi.

Simak Video "Kisah Wasit Perempuan di Balik Kemenangan Liverpool"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED