Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 16 Agu 2019 18:45 WIB

TRAVEL NEWS

Wisata di KPH Bandung Utara Aman dari Abu Tangkuban Perahu

Yudha Maulana
detikTravel
Kaki Gunung tangkuban Perahu (Yudha Maulana/detikcom)
Kaki Gunung tangkuban Perahu (Yudha Maulana/detikcom)
Bandung Barat - Gunung Tangkuban Perahu masih menunjukkan aktivitas vulkanik. Tapi Perum Perhutani memastikan objek wisata di lahan KPH Bandung Utara aman dikunjungi.

Objek wisata yang berada di lahan Perhutani di antaranya Orchid Forest, wisata kemah dan hutan pinus Pal 16, Cikole Jayagiri Resort dan Terminal Wisata Grafika Cikole. Semuanya aman tak terpapar abu vulkanik dari Gunung Tangkuban Perahu.

"Betul hingga saat ini kalau abu vulkanik tidak sampai ke tempat wisata yang berada di lahan Perhutani," ujar Administratur Perhutani KPH Bandung Utara, Komarudin melalui sambungan telepon, Jumat (15/8/2019).

Lokasi objek-objek wisata tersebut, berada di radius empat hingga lima kilometer dari Kawah Ratu yang aktif. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) merekomendasikan jarak aman radius 1,5 km dari pusat kawah.

Wisata di KPH Bandung Utara Aman dari Abu Tangkuban PerahuFoto: (Yudha Maulana/detikcom)


"Jadi tempat wisata yang ada di lahan kami hingga saat ini masih tetap buka dan tetap aman untuk dikunjungi wisatawan," katanya.

Tiupan angin pun, ujar Komarudin, lebih dominan ke arah selatan. Sehingga abu vulkanik tak mengganggu aktivitas wisata di lahan Perhutani.

Kendati demikian, pihaknya akan tetap melakukan antisipasi hal yang tidak diingkinkan untuk para pengunjung dengan cara memberikan informasi terkait jalur evakuasi.

"Mereka juga harus siap dievakusi dan kami menjelaskan jalur evakuasi yang ada di sana. Tapi sejauh ini di sini tetap masih aman," ujarnya.

Simak Video "Status Gunung Tangkuban Perahu Naik Jadi Waspada"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA