Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 18 Agu 2019 19:00 WIB

TRAVEL NEWS

HUT RI, Garuda Indonesia Pamerkan Pesawat Klasik yang Dipakai Sukarno

Shinta Angriyana
detikTravel
Upacara vintage ala Garuda Indonesia (dok Garuda Indonesia)
Upacara vintage ala Garuda Indonesia (dok Garuda Indonesia)
Jakarta - Dalam rangka Hari Kemerdekaan RI, maskapai nasional Garuda Indonesia menampilkan koleksi retronya. Ada pesawat yang digunakan Sukarno.

Seperti dalam rilis yang diterima detikcom dari Garuda Indonesia, Minggu (18/8/2019) hal ini dilakukan dalam rangka HUT RI di rangkaian upacara bendera. Upacara dilaksanakan (17/8) di kantor Pusat Garuda Indonesia, Tangerang.

Upacara peringatan HUT RI mengusung tema historis yang mengajak jajaran manajemen serta karyawan untuk 'roleplay' ala penyambutan Bung Karno di Bandara Kemayoran tahun 1949 silam. Selain itu, ada juga armada klasik Douglas DC-3 Dakota, yang dipakai Presiden pertama RI, Sukarno dari Yogyakarta ke Jakarta pada tahun yang sama.

HUT RI, Garuda Indonesia Pamerkan Pesawat Klasik yang Dipakai SukarnoFoto: dok Garuda Indonesia

"Tentunya memiliki makna tersendiri bagi kami mengenang kiprah Garuda Indonesia yang telah ada sejak era kemerdekaan RI dimana sebagai maskapai nasional dapat turut andil dalam mengantarkan Presiden Pertama RI, Ir Soekarno kembali ke Ibukota pada era setelah Konferensi Meja Bundar (KMB) yang sekaligus menandai penerbangan bersejarah Garuda Indonesia," ujar Ari Ashkara, Direktur Utama Garuda Indonesia.

Selain itu, ada juga napak tilas Bung Karno yang melakukan penerbangan dari Maguwo di Yogya dan mendarat di Kemayoran kemudian melanjutkan perjalanan ke Istana Negara. Bahkan, properti asli seperti Lincoln Continental dan seragam yang digunakan juga mirip seperti kejadian aslinya.

HUT RI, Garuda Indonesia Pamerkan Pesawat Klasik yang Dipakai SukarnoFoto: dok Garuda Indonesia

Upacara bertema vintage ini juga menjadi ajang untuk mengingat kembali sejarah yang pernah terjadi di Tanah Air Selain itu, juga menjadi landasan untuk membuat Garuda Indonesia menjadi lebih baik.

"Sejarah mengajarkan kita untuk selalu mensyukuri capaian kemerdekaan saat ini dengan selalu berusaha memberikan kontribusi terbaik bagi negeri melalui berbagai perubahan positif yang kita lakukan," tambah Ari.

Simak Video "Cara Unik Petani Magetan Sambut HUT RI, Konvoi di Sawah Pakai Traktor"
[Gambas:Video 20detik]
(sna/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA