Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 20 Agu 2019 16:35 WIB

TRAVEL NEWS

Kapan Ya Airbus A380 Mendarat di Soekarno-Hatta?

Shinta Angriyana
detikTravel
Armada Airbus A380 (REUTERS/Pascal Rossignol/File)
Armada Airbus A380 (REUTERS/Pascal Rossignol/File)
Jakarta - Pesawat jumbo Airbus A380 menjadi primadona pecinta aviasi. Entah kapan, jenis armada ini mendarat di Bandara Soekarno-Hatta Jakarta.

Armada ini merupakan keluaran produsen pesawat asal Prancis, Airbus dengan daya tampung raksasa, mencapai 850 penumpang dalam satu pesawat. Umumnya, armada ini digunakan untuk penerbangan jarak panjang.

Dikumpulkan detikcom dari berbagai sumber, karena ukurannya yang besar (wide body), pesawat ini harus mendarat di bandara yang memiliki runway panjang. Selain itu, ada juga kompetitor yang serupa yakni jenis Boeing 777.

Lalu, kapan kira-kira armada ini bisa digunakan di Bandara Soekarno Hatta? Beberapa waktu lalu, landasan pacu alias runway teranyar ke-3 Bandara Soetta sudah rampung dan dipakai oleh beberapa pesawat.

Runway 3 saat ini hanya memiliki panjang 2.500 meter, namun ditargetkan dapat memiliki panjang mencapai 3 ribu meter. Adanya runway baru ini dapat membuat kapasitas penerbangan di Soekarno-Hatta meningkat menjadi 114 penerbangan per jam.

BACA JUGA: Pesawat Komersial Mendarat Perdana di Runway 3 Soetta

Runway 3 disebut-sebut dapat menampung Airbus A380. Bahkan, sempat beredar rumor bahwa 17 Agustus 2019 kemarin armada A380 yang digunakan maskapai Emirates akan mendarat di Soekarno Hatta.

Pihak Emirates pun angkat bicara. Menurut mereka, belum ada rencana penerbangan menggunakan Airbus A380 ke Jakarta.

"Dalam waktu dekat kami belum memiliki rencana untuk menerbangkan Emirates A380 ke Jakarta," ujar representatif maskapai Emirates kepada detikcom, Selasa (20/8/2019).

Namun, armada Airbus A380 bisa digunakan traveler untuk ke berbagai destinasi populer yang dimiliki Emirates dari Dubai. Misalnya saja ke Paris, Amsterdam dan London.

"Namun kami selalu menyambut masyarakat Indonesia untuk terbang bersama A380 saat mereka mendarat di Dubai dan melanjutkan penerbangan ke destinasi A380 yang populer seperti Paris, Amsterdam, London, dan Jeddah. Hingga saat ini, Emirates mengoperasikan A380 ke lebih dari 50 destinasi di dunia," tambahnya.

Kapan Ya Airbus A380 Mendarat di Soekarno-Hatta?(Airbus/CNN Travel)

Sayangnya, Airbus A380 kini telah dihentikan produksinya. Hal ini lantaran hasil penjualan yang dianggap tidak memuaskan. Armada terakhir akan diantar pada tahun 2021 mendatang.

Sebenarnya, Airbus A380 sempat mendarat di Bandara Soetta. Namun, hal ini dilandasi oleh faktor darurat. 4 Mei 2012 lalu, armada Airbus A380 milik Singapore Airlines mendarat darurat. Pesawat tersebut bertolak menuju Singapura dari Sydney di Australia.

Namun, saat di Bali, pilot yang bertugas menghubungi Bandara Soekarno-Hatta untuk melakukan pendaratan darurat karena ada penumpang yang sakit. Bandara Soetta yang pada saat itu hanya memiliki sumber daya yang minim harus bersiap dengan segala yang ada.

Tahun 2015, armada A380 yang juga milik Singapore Airlines pernah terkena prank dari seorang mahasiswa universitas swasta di Tangerang. Karena ingin tahu apakah Airbus A380 bisa mendarat di Soekarno-Hatta, ia pun mengirimkan ancaman bom lewat linimasa Twitter ke Singapore Airlines.

Simak Video "Pesawat Raksasa Uji Coba Terbang di Bandara Megah Beijing"
[Gambas:Video 20detik]
(sna/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA