Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 21 Agu 2019 14:20 WIB

TRAVEL NEWS

Hai Pecinta Kopi, Ada Festival Kopi Bandung Nih!

Wisma Putra
detikTravel
Foto: (Wisma Putra/detikcom)
Foto: (Wisma Putra/detikcom)
Kabupaten Bandung - Kamu yang liburan ke Bandung, datang saja ke Bandung Coffee Festival. Dijamin para pecinta kopi akan terpuaskan di sini. Yuk!

Dinas Pertanian Kabupaten Bandung akan kembali menggelar Bandung Coffee Festival Volume 3 Tahun 2019 yang diselenggarakan dari tanggal 23-25 Agustus 2019.

"Bandung Coffee Festival Tahun 2019 ini merupakan yang ketiga dan akan digelar Festival Citilink Kota Bandung, selama tiga hari," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bandung Risna Umaran di Soreang, Rabu (21/8/2019).

Ia mengungkapkan, tren kopi di Kabupaten Bandung baru mulai pada tahun 2003 dan berkembang di tahun 2006. Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Bandung sulit mengenalkan kopi kepada para petani, karena para petani enggan alih komoditi dan memilih bertani hortikultura.

"Kita merasa apa yang dilakukan kita dari Tahun 2003 sampai 2006 merupakan masa perkenalan kopi sebagai komoditas yang ditawarkan menggantikan holtikultura," ungkapnya.

Ia menjelaskan masyarakat sulit mengganti komoditas hortikultura menjadi kopi. Dibutuhkan perjalanan panjang, bagi pemerintah mengajak masyarakat untuk beralih menjadi petani kopi, padahal kopi di Kabupaten Bandung memiliki kualitas tinggi.

"Pada saat itu, kita menawarkan kopi masyarakat tani kita masih menertawakan. Padahal kopi Kabupaten Bandung merupakan kopi yang berciri khas tinggi, punya rasa asam dan varian kopi di Kabupaten Bandung memilikimu kualitas tinggi," jelasnya.

Ia berujar, lahan kopi di Kabupaten Bandung dari tahun ke tahun terus meningkat.

"Sekarang ada 1.000 hektare lahan kopi di Kabupaten Bandung, bahkan sejak ada program Citarum Harum hampir 200 hektare nya diberikan kepada Pemkab Bandung," ujarnya.

Melalui pameran kopi ini, pihaknya ingin petani kopi tidak hanya pintar bertani tapi memiliki keterampilan dalam mencicipi rasa kopi.

"Kopi kita bisa diterima baik di dalam atau luar negeri, nilai ekonominya tinggi. Kita ingin mengajak masyarakat agar mencintai kopi, dimulai dari cara mencicipi kopi itu sendiri, nantinya itu bertujuan agar petani kita tidak dibohongi oleh pengepul atau eksportir," paparnya.

Terkait pelaksanaan festival kali ini yang membedakan akan dilaunching terkait dengan Gopay, peserta dikasih barcode yang nanti bonus Gopay.

Pembeda acara Kopi Festival Tahun 2019 dari tahun sebelumnya akan ada 20 peserta kopi master, sebelumnya hanya 16 peserta. Selain itu, pesertanya tidak hanya dari Bandung, ada juga dari Jakarta, Karawang, Semarang dan Padang.

"Ini acara kopi master Indonesia bukan lokal, karena pemenangnya akan dihadirkan ke London. Jadi sisi kualitas kita meningkat, karena pemberangkatannya dari kita. Dari Kabupaten Bandung untuk dunia," tuturnya.




Simak Video "Yuk Intip Serunya Festival Kopi Muria di Kudus"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA