Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 28 Agu 2019 21:36 WIB

TRAVEL NEWS

Gelar Event Global, Geopark Rinjani Bidik Minat Wisatawan

Harianto Nukman
detikTravel
Geopark Rinjani (Istimewa)
Geopark Rinjani (Istimewa)
Mataram - Geopark Rinjani bersiap menjadi tuan rumah Simposium Asia Pasific Geopark Network (APGN) 2019 di Lombok. Ada beberapa target yang ingin dicapai dari event kelas dunia itu.

Tentu saja pengelola ingin sukses menjadi tuan rumah yang baik bagi event geopark berkelas internasional yang pertama kali diselenggarakan di Indonesia. The 6th Asia Pacific Geopark Network Symposium tahun 2019 akan dilaksanakan selama 7 hari dari tanggal 31 Agustus 2019 hingga 6 September 2019.

"Sampai dengan hari ini tercatat total peserta adalah 653 orang, termasuk peninjau dan petinggi UNESCO Global Geopark dan Asia Pacific Geopark Network," ucap General Manager Geopark Rinjani, Chairul Mahsul kepada detikcom, Rabu (28/8/2019).

Terselenggaranya APGN ini juga ingin menunjukkan jika Lombok dan Sumbawa sudah bangkit dan recovery setelah bencana gempa bumi yang terjadi tahun 2018 lalu.

Situs-situs Geopark Rinjani perlu diperkenalkan kembali sebagai destinasi pariwisata utama di NTB. Selain dengan menampilkan atraksi-atraksi budaya yang nantinya akan ikut dipromosikan oleh semua peserta di negaranya masing-masing.

"Melibatkan sebanyak mungkin masyarakat di situs-situs yang dikunjungi dalam tiga fieldtrip," katanya.

Selama simposium APGN 2019, para peserta peninjau dan peserta yang sedang tidak menyampaikan presentasinya akan mengunjungi objek-objek wisata lain yang tidak sempat dikunjungi dalam tiga jalur fieldtrip.

Peserta juga bisa saling bertukar gagasan dan inisiatif dengan geopark-geipark lain di dunia dan para pakar dalam konsep pembangunan berkelanjutan. Khususnya lagi bagi pengelolaan geopark yang berbasis pada 3 pilar, yaitu konservasi, edukasi dan pemberdayaan ekonomi masyarakat yang berkelanjutan

"Geopark Rinjani akan menandatangani MoU kerja sama dengan beberapa geopark di China, Thailand, Vietnam, Malaysia dan dari negara lain yang sedang dikomunikasikan," ungkap Chairul.

Dalam jangka pendek, selama Simposium APGN 2019 akan berdampak positif bagi menggeliatnya aktivitas ekonomi dan pariwisata di Pulau Lombok. Untuk jangka panjang, simposium ini akan mampu membangkitkan kembali kepercayaan wisatawan untuk kembali mengunjungi Lombok dan Sumbawa.



Simak Video "Pejudi Sabung Ayam Kocar Kacir Digerebek Polisi"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA