Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 04 Sep 2019 14:27 WIB

TRAVEL NEWS

Yachter Mancanegara Takjub Keindahan Alam & Keramahan Warga Selayar

Nurcholis Maarif
detikTravel
Foto: dok pemkab selayar
Foto: dok pemkab selayar
Jakarta - Sebanyak 34 yachter mancanegara datang ke Kepulauan Selayar menggunakan 17 kapal layar untuk mengeksplorasi keindahan Selayar. Kepulauan Selayar menjadi salah satu titik labuh program International Yacht Rally.

Kedatangan para peserta dari program bertajuk Wonderful Sail to Indonesia ini disambut secara resmi oleh Bupati Kepulauan Selayar M Basli Ali bersama jajarannya melalui gala dinner dan open ceremony di Rumah Jabatan Bupati.

Selama empat hari di Selayar, para yachter ini melakukan berbagai aktivitas sambil mengelilingi Selayar. Mulai dari kunjungan ke Pantai Punagaan, bersih pantai dan lepas tukik di Kampung Penyu, land tour ke Dusun Sariahan untuk melihat pandai besi dan pembuatan kue tradisional Bipang, melihat wisata budaya di Kampung Tua Bitombang, Gong Nekara di Matallang, Jangkar di Padang, serta menikmati sunset di hutang mangrove Matalalang.


Peserta dari Skotlandia, Stuart dan Anne Letton mengaku sangat senang atas penyambutan pemerintah bersama dengan masyarakat Kepulauan Selayar. Menurut Stuart, dari banyak negara yang ia datangi, tidak ada penyambutan yang menyamai di Indonesia, khususnya di Kabupaten Kepulauan Selayar. Stuart juga memberikan hadiah kepada pemerintah dan masyarakat berupa foto dari peserta yang diserahkan kepada Sekda Selayar Marjani Sultan.

"Saya berharap foto ini dipasang di dinding agar ketika Anda bekerja dapat melihat peserta sail dan kami juga tidak akan pernah melupakan Anda," ucap Stuart dalam keterangan tertulis, Rabu (4/9/2019).

Hal senada disampaikan peserta dari Amerika, yaitu Carl Black dan Add. Carl senang akan budaya masyarakat setempat dan karenanya betah tinggal di Selayar. Sementara itu, Add takjub dengan Selayar, terutama keindahan baharinya.

"Saya telah mengikuti program Wonderful Sail to Indonesia dan saya telah melakukan perjalanan dari Wakatobi. Selayar ini begitu indah dan cantik. Tiga tahun lalu saya melakukan perjalanan laut mulai dari California. Tahun ini saya mulai dari Australia," ucap Add.

Adapun menurut Ross, peserta asal Selandia Baru, tak hanya keindahan bahari, ia juga takjub dengan kearifan lokal yang masih terjaga sampai saat ini. Salah satunya pembuatan kerajinan parang dan kue tradisional di Dusun Sariahang, Desa Bungaia, Selayar.

"Indonesia sangat menakjubkan karena Indonesia memiliki banyak karya. Biasanya kalau saya ke supermarket hanya membeli makanan jadi dan beda di sini dengan melihat betapa sulitnya proses pembuatan kue tradisional," ucap Ross.

Sementara itu, Bupati Kepulauan Selayar M Basli Ali berharap pasca kedatangan para turis mancanegara, mereka mengabarkan hal indah ini ke seluruh yachter dunia, sehingga Selayar juga semakin dikenal dan mendunia. Ia juga berterima kasih kepada Kementerian Pariwisata selaku penyelenggara dari Wonderful Sail to Indonesia dan memilih Selayar sebagai salah satu titik labuh.

"Terima Kasih kementerian Pariwisata, Kabupaten Kepulauan Selayar diberi kesempatan menjadi salah satu daerah tujuan Wonderful Sail To Indonesia 2019. Kesempatan ini merupakan sarana bagi Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar untuk memperkenalkan segala potensi daerah dan tentu saja kami berharap tamu-tamu yang datang ini dapat membantu mempromosikan obyek-obyek wisata yang ada sehingga Selayar lebih dikenal lagi dan insyaAllah semakin banyak orang yang datang di Selayar, Terima Kasih Kementerian Pariwisata,"jelas Basli.


Adapun menurut Sekda Selayar, Marjani Sultan berharap agar peserta Yacth Rally dapat terus mengingat pengalaman selama berada di Selayar. Ia juga berharap agar para peserta ini dapat kembali mengunjungi Selayar di lain waktu.

"Terima kasih banyak karena telah memilih Selayar sebagai salah satu destinasi kalian. Sekarang saatnya saya mengucapkan selamat tinggal, dan kami mengharapkan kalian datang kembali untuk bertemu lagi di lain kesempatan," ucap Marjani.

Sedangkan Kadis Kepariwisataan Selayar, Andi Abdurrahman, menuturkan bahwa kedatangan para yachter merupakan media promosi bagi Selayar yang sangat strategis. Menurutnya, pelayanan yang baik bagi para tamu merupakan hal yang mutlak yang dilakukan pihaknya karena merupakan motivasi bagi para tamu untuk melakukan kunjungan berikutnya.

"Tentunya mereka akan memberikan informasi kepada kepada teman-teman di negaranya akan pariwisata kita dan ini mempunyai nilai jual untuk kemajuan pariwisata di Selayar. Saya mengucapkan terima kasih kepada semua masyarakat Selayar dan media atas supportnya menyukseskan kegiatan ini," ucap Andi.

Simak Video "Saksikan MTMA Seri Petualangan Kepulauan Selayar"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA