Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 07 Sep 2019 16:52 WIB

TRAVEL NEWS

Probolinggo Juga Punya Karapan Sapi yang Seru

M Rofiq
detikTravel
Kerapan Sapi Brujul di Probolinggo (M Rofiq/detikcom)
Kerapan Sapi Brujul di Probolinggo (M Rofiq/detikcom)
Probolinggo - Karapan sapi bukan cuma di Madura. Probolinggo juga punya Kerapan Sapi Brujul yang tidak kalah serunya.

Sebanyak 50 peserta, ikut dalam Kerapan Sapi Brujul atau sapi yang biasanya digunakan untuk membajak sawah oleh para petani di Kota Probolinggo. Dalam penampilannya, para peserta memacu sapi di lintasan tanah berlumpur sepanjang 175 meter dan lebar 35 meter.

Kerapan Sapi Brujul, digelar di areal persawahan Jalan KH Syafi'i, Kelurahan Jrebeng Kidul, Kecamatan Wonoasih, Kota Probolinggo. Salah satu peserta, Rohim mengungkapkan, sebelum beradu di lintasan, timnya biasanya membuat persiapan khusus.

Persiapan ini maksudnya agar sapi-sapinya bisa bertarung, dan berlari kencang di lintasan. Persiapan tersebut mulai dari latihan yang cukup, hingga pemberian asupan ramuan sehat, bagi sapi-sapi yang akan dipertandingkan.

"Agar menang ya dilatih dulu, dan tak lupa dikasih jamu dan telur, biar sapinya tidak lekas capek," terangnya.

Sementara Wali Kota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin, yang membuka langsung Kerapan Sapi Brujul, berharap masyarakat melestarikan warisan budaya asli ini. Dalam hari jadi ke-660 Kota Probolinggo, Kerapan Sapi Brujul telah ditetapkan sebagai warisan budaya Kota Probolinggo, oleh Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan RI.

"Hak paten sudah milik Kota Probolinggo. Mari kita jaga bersama, jangan sampai kegiatan yang sudah baik, disalahgunakan menjadi hal yang tidak baik. Mari jaga tradisi ini dengan baik," ujar Wali Kota Hadi, saat membuka Kerapan Sapi Brujul, Sabtu (7/9/2019).

Sekedar informasi, Kerapan Sapi Brujul mulanya merupakan kebiasaan para petani usai membajak sawahnya untuk menghilangkan kejenuhan dan kepenatan. Tanpa adanya hadiah, petani kemudian menggelar karapan, hingga akhirnya mengundang daya tarik masyarakat melihatnya. Kerapan Sapi Brujul kini berubah menjadi wadah petani, komunitas dan pemerintah guna menyambung tali silaturahmi.

Simak Video "Karapan Sapi Brujul, Probolinggo"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA