Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 08 Sep 2019 19:25 WIB

TRAVEL NEWS

Pantai Batu Karas, Idaman Turis Mancanegara

Andi Nurroni
detikTravel
Foto: (Andi Nurroni/detikcom)
Foto: (Andi Nurroni/detikcom)
Pangandaran - Popularitas Pantai Batu Karas di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat semakin menguat di kalangan turis. Dalam beberapa tahun terakhir, kunjungannya banyak

Kondisi ini diamini Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pangandaran, Undang Sohbarudin. Menurut Undang, saat ini komunitas wisman lebih besar di Batu Karas daripada ke Pantai Pangandaran.

"Kami belum memiliki data statistiknya, tapi wisman (wisatawan mancanegara) cenderung ke Pantai Batu Karas sama ke Green Canyon. Kebetulan juga lokasi keduanya berdekatan," kata Undang kepada detikcom, Minggu (9/8/2019).

Menurut Undang, wisman yang masuk ke Batu Karas terutama para peminat selancar. Ombak di Batu Karas, kata Undang, memang sudah dikenal di kalangan komunitas penghobi selancar.

"Kita itu sudah ditawari (Batu Karas) menjadi bagian seri kompetisi longboard internasional. Tapi kita sementara belum siap," kata Undang.

Pantai Batu Karas, Idaman Turis MancanegaraFoto: (Nur Putri Handayani/d'Traveler)


Secara khusus, kata Undang, Pantai Baru Karas pun sudah mendapat atensi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Gubernur RIdwan Kamil, menurut Undang, sudah memerintahkan penyusunan detail engineering design (DED) penataan Pantai Batu Karas.

Ketua Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) Kabupaten Pangandaran Adrianus Eko Saputro sepakat bahwa tren wisman bergeser ke Pantai Batu Karas daripada Pantai Pangandaran.

"Saya rasa karena di sana kan masih alami. Kalau di Pantai Pangandaran itu kan sudah serba modern. Kalau yang modern-modern, di negara mereka lebih modern," ujar Adrian.

BACA JUGA: Syahdunya Pemandangan Pantai Batu Karas dari Atas Bukit

Wisman ke Pantai Batu Karas, kata dia, didominasi pelancong backpacker dengan lama tinggal yang cukup panjang, bisa berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan. Kepada pemerintah, Adrian berharap Pantai Batu Karas didorong untuk diikutsertakan dalam promosi-promosi internasional.

"Kita lihat banyak sekali turis dari Australia. Kenapa tidak kita ikut pameran-pameran wisata di sana," ujar Adrian.



Simak Video "Sensasi Glamping dalam Kontainer"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA