Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 09 Sep 2019 13:30 WIB

TRAVEL NEWS

Kini Pulau Manado Tua di Bunaken Dilengkapi Jalur Pendakian

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Jalur pendakian di Pulau Manado Tua, Bunaken (dok TN Bunaken)
Jalur pendakian di Pulau Manado Tua, Bunaken (dok TN Bunaken)
Jakarta - Selama ini traveler yang ingin mendaki Pulau Manado Tua di Bunaken harus trekking medan yang cukup sulit. Kini, telah ada jalur pendakian di sana.

Berdasarkan press release yang diterima detikcom, Senin (9/9/2019), Manado Tua salah satu Pulau di Kawasan Taman Nasional Bunaken kini sudah memiliki jalur pendakian.

Pulau yang memiliki ketinggian sekitar 800 mdpl dan secara administratif terletak di Kecamatan Bunaken Kepulauan, Kota Manado ini merupakan pulau yang mempunyai potensi untuk aktivitas wisata mendaki.

Pulau Manado Tua (dok TN Bunaken)Pulau Manado Tua (dok TN Bunaken)
Jalur pendakian di Manado Tua dapat ditempuh melalui Kelurahan Manado Tua II dengan panjang jalur sampai di signage 1500 m. Adapun dari Manado Tua I ke signage 2.300 m.

Selama perjalanan melewati jalur pendakian, traveler akan mendapatkan pemandangan indah Teluk Manado dengan punggung Pulau Bunaken. Jalur pendakian yang disiapkan juga tidak terlalu ekstrim, cukup bersahabat bila datang bersama keluarga.

Pengecekan jalur oleh pihak Balai TN Bunaken (dok TN Bunaken)Pengecekan jalur oleh pihak Balai TN Bunaken (dok TN Bunaken)
Menurut Kepala Balai Taman Nasional Bunaken, Dr. Farianna Prabandari saat pengecekan jalur pendakian tanggal 5 September 2019, pihaknya tengah berda dalam tahap penyelesaian pembangunan signage. Lokasi ini akan menjadi salah satu spot swafoto untuk wisatawan.

"Untuk masing-masing jalur pendakian, dibantu dan disiapkan oleh masyarakat yang bermukim di Kelurahan Manado Tua I dan Kelurahan Manado Tua II, kami berharap peningkatan obyek wisata alam di Taman Nasional Bunaken juga akan menambah peningkatan perekonomian masyarakat lokal. Ke depan masih banyak potensi wisata yang akan dikembangkan oleh Balai Taman Nasional Bunaken bersama masyarakat dan instansi terkait di Pulau Manado Tua," ujar Farianna.

Oleh sebab itu, wisatawan yang akan berkunjung ke Taman Nasional Bunaken kini akan punya banyak pilihan kegiatan wisata. Jadi tidak melulu diving dan snorkeling, tapi juga bisa melakukan kegiatan pendakian di Manado Tua.

Simak Video "Jokowi akan Benahi Kawasan Wisata dan Permukiman di Bunaken"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA