Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 11 Sep 2019 07:45 WIB

TRAVEL NEWS

Wisatawan Ditarget Naik 4 Kali Lipat di 5 Destinasi Super Prioritas

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Foto: (Elmy Tasya Khairally/detikcom)
Foto: (Elmy Tasya Khairally/detikcom)
Jakarta - Pemerintah fokus mengembangkan destinasi wisata super prioritas. Jumlah wisatawan ditarget naik 4 kali pada 2020.

Destinasi super prioritas adalah Danau Toba, Candi Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang. Terkait target wisatawan, Kemenpar menargetkan wisatawan Borobudur 2 juta orang per tahun. Sekarang, wisatawan borobudur masih mencapai 500 ribu per tahun.

"Borobudur saya kasih target 2 juta, sekarang baru 500 ribu, pasti kamu bilang tidak masuk akal, nggak apa apa. Saya orangnya memang dari dulu nggak masuk akal, kalau masuk akal negara ini tidak maju. 4 Kali lipat ini tolong dibantu," kata Menpar Arief Yahya dalam jumpa pers Rakornas Pariwisata di Swissotel, Jakarta, Selasa (10/9/2019).

Ia juga memaparkan target wisatawan di setiap 5 destinasi pariwisata super prioritas per tahunnya. Mandalika disebut sudah mencapai target baik direct maupun indirect flight.

"Danau Toba 1 juta, sekarang kira-kira 300 ribu, 3 kali lipat, lalu Borobudur 2 juta, Mandalika 2 juta, Labuan Bajo 500 ribu lalu Likupang 500 ribu. Yang sudah tercapai Mandalika. Mandalika itu Lombok sudah mendekati angka 2 juta. Baik direct maupun indirect," kata dia.

BACA JUGA: Likupang Masuk dalam 5 Destinasi Super Prioritas

Ada beberapa kendala yang dihadapi oleh Kementrian Pariwisata secara umum. Namun Menpar sudah mengetahui masing - masing kelemahan tiap destinasi.

"Top 3 kelemahan kita, satu environment sustainaibilty dinilai kita nggak peka terhadap pengelolaan lingkungan. Nomor dua infrastruktur, nomor 3, health and hygnie itu bottom 3 kita. Tapi masing-masing critical success factor sudah ada," tambahnya.

Simak Video "9 Strategi Kemenpar untuk Kejar Target 20 Juta Wisatawan Asing"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA