Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 12 Sep 2019 18:58 WIB

TRAVEL NEWS

Mengenang BJ Habibie di Museum Kepresidenan RI

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Foto: (Tasya Khairally/detikcom)
Foto: (Tasya Khairally/detikcom)
Bogor - Presiden ke-3 Indonesia BJ Habibie meninggal di usia 83 tahun. Masyarakat masih bisa mengenangnya di Museum Kepresidenan RI Balai Kirti, Bogor.

Museum Kepresidenan RI Balai Kirti terletak di Jl Ir H Juanda No 1, Kota Bogor. Di sini kamu bisa melihat ruangan galeri presiden-presiden RI, termasuk BJ Habibie.

Sebelum memasuki museum, traveler akan menemukan foto-foto presiden RI mulai Sukarno hingga Susilo Bambang Yudhoyono. Ketika memasuki museum, kamu akan menemukan patung 6 presiden RI.

Pada lantai 2 ada ruangan galeri presiden. Di sini lah kamu bisa menemukan ruangan BJ Habibie. Masuk ke ruangan ini, akan mengingatkan traveler betapa besar perjuagan BJ Habibie untuk negara ini. Kita baru saja kehilangan sosok inspiratif ini yang baru dimakamkan hari ini, Kamis (12/9/2019).

Mengenang BJ Habibie di Museum Kepresidenan RIFoto: (Tasya Khairally/detikcom)


BACA JUGA: Jasa BJ Habibie Untuk Dunia Aviasi Indonesia

Di ruangan ini, ada beberapa foto kenangan BJ Habibie. Terdapat foto bersama Ibu Negara Ainun Habibie dan juga bersama rekan-rekan Habibie.

Di sudut kiri ruangan kamu akan melihat barang-barang peninggalan BJ Habibie. Ada pakaian sipil, peci, topi panama yang sering digunakan Habibie serta sepatu kulit.

Mengenang BJ Habibie di Museum Kepresidenan RIFoto: (Tasya Khairally/detikcom)


Selain pakaian, ada juga model pesawat CN 235, pesawat N250, pesawat NC212. Beberapa lencana milik Habibie juga berjejer di etalase ini.

Pada bagian bawah etalase ada pena pribadi milik Habibie. Pena bertulis BJ Habibie ini sering digunakan tahun 1998-1999.

Di sampingnya ada kamera SLR Leica yang sering digunakan untuk merekam berbagai macam objek saat Habibie dinas maupun santai. Kamera ini berasal dari Jerman. Kaca mata baca berbentuk Habibie juga diletakkan di sini,

Sudut bagian kanan ruangan terdapat foto BJ Habibie yang berukuran besar. Lengkap dengan memakai jas dan lencana yang menempel.

Mengenang BJ Habibie di Museum Kepresidenan RIFoto: (Tasya Khairally/detikcom)


Di antara foto dan barang barang kenangan Habibie terpampang tulisan yang berbunyi, "Indonesia harus mengandalkan pada sumber daya manusia yang berbudaya, merdeka, bebas, produktif dan berdaya saing tinggi," lalu di bawahnya bertuliskan "BJ Habibie, mengenai Sumber daya alam manusia 1998-1999."

Kalau kamu ingin tahu sejarah perjalanan Habibie, ada juga audio visual yang akan memberikan informasi tentang Habibie dari tahun ke tahun. Ketika akan keluar, ada etalase berisikan catatan harian Habibie dari 9 Oktober 1987-25 Agustus 1988.

Keluar dari Galeri kamu bisa mengunjungi perpustakaan. Ada ruang baca yang nyaman dengan buku-buku yang berisikan tentang presiden-presiden RI.

Rak bukunya berjejer. Tiap rak memiliki patung presiden di depannya. Mulai dari Sukarno hingga SBY. Pada Rak BJ Habibie ada buku- buku tentang Habibie. Ada juga buku Habibie Ainun karya presiden RI ketiga ini.

Mengenang BJ Habibie di Museum Kepresidenan RIFoto: (Tasya Khairally/detikcom)


Buat traveler yang penasaran dan ingin mengenang presiden-presiden RI. Kunjungi saja Museum Kepresidenan.

Hari Selasa-Kamis museum buka mulai pukul 09.00-15.00 sedangkan pada hari Jumat Museum akan tutup jam 11.00 dan buka kembali pukul 13.00-15.00. Pada Sabtu dan Minggu, museum buka pukul 09.00-13.00. Hari Senin museum tutup ya traveler.

BACA JUGA: BJ Habibie dan Inspirasi untuk Pergi ke Jerman

Simak Video "Selamat Jalan Bapak Teknologi Indonesia, BJ Habibie"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA