Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 19 Sep 2019 12:10 WIB

TRAVEL NEWS

Semeru Kebakaran, Pendakian Hanya Sampai Ranu Kumbolo

Bonauli
detikTravel
Gunung Semeru Kebakaran (tnbromotenggersemeru/Instagram)
Jakarta - Kebakaran hutan terjadi di jalur pendakian Gunung Semeru. Kalimati streril dari pendaki.

Dari akun Instagram Taman Nasional Bromo Tengger Semeru diketahui terjadi kebakaran hutan pada tanggal 17-18 September 2019. Kebakaran terjadi di beberapa blok yaitu sumber mani, kelik dan arcopodo jalur pendakian Gunung Semeru.

Untuk penanganan pemadaman api, Kepala Bidang PTN Wil II telah mengerahkan Tim Gabungan yang terdiri dari Petugas BBTNBTS, Porter, anggota PKL, Tim Evakuasi, Masyarakat Peduli Api (MPA) Ranupani, serta para guide lokal dan relawan yang berada di lokasi kebakaran.

Tim pemadam terus berupaya untuk memadamkan api dengan menggunakan gepyok dan jetshooter. Namun karena medan yang cukup sulit, berbukit dan terjal, petugas dan tim tetap mengutamakan keselamatan.

View this post on Instagram

Sahabat Mentari Tengger, Pada tanggal 17-18 September 2019 di RPTN Ranupani telah terjadi kebakaran hutan di blok sumber mani, blok kelik serta blok arcopodo jalur pendakian gunung semeru. Untuk penanganan pemadaman api, Kepala Bidang PTN Wil. II telah mengerahkan Tim Gabungan yang terdiri dari Petugas BBTNBTS, Porter, anggota PKL, Tim Evakuasi, Masyarakat Peduli Api (MPA) Ranupani, serta para guide lokal dan relawan yang berada di lokasi kebakaran. Tim pemadam terus berupaya untuk memadamkan api dengan menggunakan gepyok dan jetshooter, namun dikarenakan medan yang cukup sulit, berbukit dan terjal, petugas dan tim tetap mengutamakan keselamatan. Kondisi terkini sudah hampir tidak terlihat kepulan asap. Luas kebakaran sementara ini diperkirakan seluas 6 Ha didominasi tumbuhan bawah dan cemara gunung. Wilayah Kalimati dan sekitarnya sudah steril dari pendaki. Untuk keamanan para pendaki, saat ini batas aman pendakian hanya sampai Ranu Kumbolo. Besok pagi direncanakan akan kembali dilakukan mop up untuk memastikan bahwa api sudah benar-benar padam. Sahabat, mari kita bantu dengan doa agar kondisi segera aman dan segera turun hujan yaa. Aamiin. Foto : @cakyo_saversemeru Video : @pratamahermanto_1213 #klhk #dirjenksdae #tnbts #ayoketnbts

A post shared by Bromo Tengger Semeru (@tnbromotenggersemeru) on Sep 18, 2019 at 8:35am PDT



Kondisi terakhir yang dilaporkan, kepulan asap sudah mulai mereda. Dari hasil tinjauan diketahui luas kebakaran sementara ini sekitar seluas 6 Ha. Kawasan ini didominasi tumbuhan bawah dan cemara gunung.

Wilayah Kalimati dan sekitarnya sudah steril dari pendaki. Untuk keamanan para pendaki, saat ini batas aman pendakian hanya sampai Ranu Kumbolo.

BACA JUGA: Ranu Kumbolo, Sisi Romantis Semeru

Pagi ini, petugas kembali melakukan pembersihan atau mop up untuk memastikan api sudah benar-benar padam. Semoga semuanya baik-baik saja ya...




Simak Video "Detik-detik Gunung Semeru Luncurkan Awan Panas Sejauh 3 Km"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA