Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 22 Sep 2019 11:25 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Peran Serta BRI Dalam Pengembangan Pariwisata Sinabang

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Ilustrasi Sinabang (Rifkianto/detikcom)
Simeulue - Perlahan, Pulau Sinabang di Provinsi Aceh mulai memajukan sektor pariwisata di sana. Hadir di sana, Bank BRI pun ikut terlibat.

Terpisah dari pulau utama di Provinsi Aceh, tak menjadikan Kabupaten Simeulue di Pulau Sinabang tertinggal. Berkat pariwisata dan hasil lautnya, Sinabang mulai menunjukkan pamornya.

Di kalangan wisatawan asing atau wisman, Pulau Sinabang pun cukup dilirik karena ombaknya yang menantang dan tersebar di sejumlah titik. Yang membuatnya lebih menarik, pulau ini masih lebih sepi dari Bali yang sudah jauh lebih populer.

Bank BRI Sinabang (Randy/detikcom)Bank BRI Sinabang (Randy/detikcom)
Di luar pihak Pemprov Aceh dan Pemkab Simeulue, perkembangan pariwisata di Pulau Sinabang pun turut didukung oleh stakeholder lain seperti Bank BRI yang juga hadir di sana.

Pada kunjungan detikcom ke Pulau Sinabang dari 28 Agustus-5 September 2019, hal itu pun dilihat langsung oleh Tim detikcom yang bekerjasama dengan Bank BRI. Ditemui detikcom di lokasi, Kepala Unit BRI Sinabang yang bernama Deny Syahputra pun menjelaskan beberapa peran serta Bank BRI di Sinabang.

Di Pantai Lantik misalnya, Bank BRI mendukung para UMKM yang ada di sana lewat pinjaman uang untuk para nasabahnya. Dengan begitu, para UMKM bisa mengembangkan usahanya.

"Di Pantai Lantik itu banyak sekali yang dijajakan, salah satunya adalah makanan khas Simeulue. Ada nasabah kita. Semua pengen kita bantu, tapi bertahap," ujar Deny.

Kepala Unit BRI Sinabang yang bernama Deny Syahputra (Randy/detikcom)Kepala Unit BRI Sinabang yang bernama Deny Syahputra (Randy/detikcom)
Di sektor penginapan untuk tamu surfing, pihak Bank BRI juga kerap memberi bantuan kredit bagi para pemilik homestay untuk mengembangkan usahanya. Seperti diketahui, olahraga surfing memang sedang naik daun di Sinabang.

"Ranu Surf Camp sama Nani Resort, mereka nasabah kredit kita," ujar Deny.

Aktif membantu para UMKM dan pengusaha pariwisata lokal, Deny juga memberikan tawaran menarik untuk para stakeholder lainnya dalam bentuk pinjaman uang yang cukup bersahabat.

"Yang bagus pinjaman KUR Mikro sampai Rp 25 juta," terang Deny.

Itulah beberapa andil Bank BRI dalam membangun pariwisata Sinabang. Di luar yang sudah dilakukan, tentu di masa depan Bank BRI akan punya lebih banyak program menarik untuk mendukung pariwisata Sinabang.

Ikuti terus berita tentang ekspedisi di pulau-pulau terdepan Indonesia di tapalbatas.detik.com!

Simak Video "Mantan Nelayan Berdayakan Masyarakat Lewat Usaha Kupas Kelapa"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA