Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 26 Sep 2019 16:55 WIB

TRAVEL NEWS

Mau Buat Kuliner Memek Khas Simeulue? Begini Caranya

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Cara pembuatan kuliner memek khas Simeulue (Randy/detikcom)
Simeulue - Masuk sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) tahun ini, kuliner memek khas Simeulue kian mencuri perhatian. Kalau penasaran, begini cara buatnya.

Saat berkunjung ke Pulau Simeulue di Provinsi Aceh pada 28 Agustus hingga 5 September 2019, tim detikcom dan Bank BRI sempat belajar cara membuat kuliner memek yang sempat kontroversial karena namanya di Pantai Lantik.

Hanya ketimbang kontroversial, kuliner yang punya arti mengunyah dalam bahasa Simeulue ini juga nikmat dan menyegarkan. Buat kamu yang belum sempat ke Simeulue, juga bisa belajar membuatnya sendiri kok.

Sangrai beras ketan yang telah direndam 10 menit (Randy/detikcom)Sangrai beras ketan yang telah direndam 10 menit (Randy/detikcom)

Pertama, siapkan bahan utama seperti beras ketan, pisang, air santan parutan kelapa dan gula. Kemudian rendamlah beras ketan yang ingin digunakan secukupnya selama 10 menit sampai teksturnya melunak.

"Wajan dipanaskan sebelum beras ketan ditaruh. Lalu beras ketan disangrai di wajan panas sampai merah kehitaman," ujar sang ibu penjual memek di Pantai Lantik.




Setelah itu belah kelapa yang cukup tua untuk diparut. Lalu dari hasil parutannya ambil air santannya. Jangan lupa juga siapkan pisang yang sudah matang, kupas lalu tumbuk secara manual dengan tangan.

"Pisang dikupas lalu ditumbuk batang pelepah pisang sampai tak terlalu hancur," ujar sang ibu.

Campurkan beras ketan dengan pisang tumbuk dan air santan (Randy/detikcom)Campurkan beras ketan dengan pisang tumbuk dan air santan (Randy/detikcom)

Ketika semua bahan telah disiapkan, taruh beras ketan yang telah disangrai ke atas pisang tumbuk dan campurkan dengan air santan dari kelapa. Apabila ingin yang dingin, juga bisa ditambahkan es.

Bagaimana? Mudah sekali kan cara buatnya. Sekali penyajian memek pun bisa jadi lima sampai enam gelas. Nikmat dicoba saat siang atau pengganti sarapan.

Ikuti terus berita tentang ekspedisi di pulau-pulau terdepan Indonesia di tapalbatas.detik.com!

Simak Video "Mantan Nelayan Berdayakan Masyarakat Lewat Usaha Kupas Kelapa"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA