Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 28 Sep 2019 15:20 WIB

TRAVEL NEWS

Masih Banyak Warga Jabodetabek Belum Tahu Kepulauan Seribu

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Ilustrasi wisatawan di Kepulauan Seribu (Randy/detikcom)

FOKUS BERITA

Wisata Pulau Seribu
Kepulauan Seribu - Walau berlokasi dekat dari Jakarta, tapi nyatanya tak banyak wisatawan Jabodetabek yang tahu tentang Kepulauan Seribu. Ini sejumlah faktanya.

Berjarak dekat dari Jakarta tak selalu jadi indikasi kalau turis di ibu kota mengetahui atau pernah wisata ke Kepulauan Seribu di Utara Jakarta. Hal itu pun terungkap lewat survei yang dibuat oleh Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Sudinparbud) Kepulauan Seribu pada akhir tahun 2018 lalu.

Menggandeng konsultan riset, Sudinparbud Kepulauan Seribu yang digawangi oleh Cucu Ahmad Kurnia buka-bukaan datanya saat dihubungi detikcom, Jumat (27/9/2019).

"Respondennya adalah masyarakat Jabodetabek yang datang ke Kepulauan Seribu sejumlah 100 orang sebagai sampel," ujar Cucu.

Kasudinparbud Kepulauan seribu, Cucu Ahmad Kurnia (Randy/detikcom)Kasudinparbud Kepulauan seribu, Cucu Ahmad Kurnia (Randy/detikcom)

Dijelaskan, sekitar 68% responden pernah ke Kepulauan Seribu, tapi masih lebih rendah ketimbang Puncak (94%), Borobudur/Solo/Yogyakarta (87%), Cimahi/Bandung (85%), Carita/Anyer (70%) dan Bali (70%).

Berdasarkan data tersebut, diakui Cucu kalau tingkat kunjungan ke Kepulauan Seribu masih tertinggal apabila dibandingkan daerah wisata lain di dekat Jabodetabek. "Hanya 32% responden mengatakan pernah ke Kepulauan Seribu dalam 12 bulan terakhir."




Cucu pun sadar, bahwa perlu ada perbaikan dan promosi untuk menarik wisatawan datang ke Kepulauan Seribu terlepas dari jaraknya yang dekat.

"Intinya masih perlu banyak perbaikan dari hasil riset itu, tapi saya berbicara di koridor yang bisa saya lakukan saja dan itu dalam waktu yang pendek. Di mana kita bisa memperbanyak wisatawan di waktu yang pendek ini," tutup Cucu.

Berdasarkan data tersebut, tercatat kalau tahun 2017 lalu Kepulauan Seribu didatangi sekitar 800 ribu wisatawan. Sedangkan untuk tahun 2018, jumlah turis mancanegara tercatat 28.963. Jumlahnya terus meningkat tiga tahun terakhir.




Simak Video "Waw! Kawanan Lumba-lumba Muncul di Perairan Pulau Pramuka"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/krs)

FOKUS BERITA

Wisata Pulau Seribu
BERITA TERKAIT
BACA JUGA