Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 30 Sep 2019 07:10 WIB

TRAVEL NEWS

Dear Traveler, Kisah Ini Ajarkan Jaga Baik-baik Paspormu Itu

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Ilustrasi paspor. (Foto: Ari Saputra)
Ilustrasi paspor. (Foto: Ari Saputra)
Jakarta - Buat traveler yang sering berpergian, sebuah kisah anyar kembali mengajarkan betapa kamu harus menjaga baik-baik paspor agar tak rusak apalagi sampai hilang.

Seperti dilansir Travelandleisure.com, pelajaran penting terbaru soal hal itu dapat diambil dari kisah influencer/travel blogger asal Skotlandia Lacey Montgomery. Sosok yang juga dikenal sebagai model itu gagal masuk ke Thailand.

Dikisahkan, setelah mendarat di Bangkok Lacey semestinya langsung gabung dengan rekan-rekan sesama influncer. Tetapi ia tak bisa melakukannya akibat tertahan di imigrasi setelah ditemui adanya halaman paspor miliknya yang sobek.




Pada prosesnya Lacey juga tidak diperkenankan masuk ke Thailand. Ia pun balik kanan ke Inggris dengan menggunakan penerbangan British Airways setelah tertahan 24 jam di Bangkok.

Kabarnya, paspor Lacey ketumpahan cairan dan kini sobek. Sebelum ini, kebetulan ia tidak mendapatkan masalah saat menyambangi negara-negara lain dengan paspor tersebut.

Definisi paspor "rusak" sendiri pada dasarnya bervariasi di setiap negara dan bisa saja diinterpretasikan berbeda. Maka pada dasarnya yang terpenting adalah tidak ambil risiko sama sekali, alias menjaga baik-baik paspor tersebut.




Beberapa bulan silam, misalnya, seorang mantan kontestan Miss Universe sempat tertahan di Bali karena bepergian dengan paspor yang dianggap rusak terkena noda.

Sehubungan dengan itu, peraturan resmi dari Departemen Luar Negeri Amerika Serikat juga menyatakan bahwa sebuah paspor tidak lagi valid ketika telah mengalami kerusakan.

"Jika paspor Anda rusak dengan signifikan, terutama pada bagian sampul buku atau yang menampilkan data pribadi dan foto, Anda harus mengajukan pembuatan paspor baru. Kerusakan yang mengharuskan Anda mengganti paspor termasuk kerusakan karena air, koyak signifikan, tanda tak resmi pada halaman data, halaman visa hilang (sobek), kertas berlubang, atau kerusakan lainnya."

Hal itu sendiri berkaitan dengan aspek keamanan. Petugas imigrasi hendak memastikan bahwa paspor belum diutak-atik atau disalin, dan hal itu acapkali diindikasikan dengan adanya kerusakan pada paspor.




Imigrasi Indonesia pun mengenakan denda buat WNI yang kehilangan paspor. Penggantian paspor baru juga tidak bisa langsung diberikan, melainkan harus dilakukan pemeriksaan berita acara pemeriksaan (BAP).

Secara khusus, traveler yang paspornya hilang atau rusak dikenakan denda. Ada denda Rp 1 juta buat paspor hilang dan denda Rp 500 ribu untuk paspor rusak.

denda paspor hilang atau rusak (dok.imigrasi Indonesia)

Jadi traveler, jaga baik-baik paspormu itu ya!




Simak Video "Imigrasi Koordinasi dengan Arab Saudi Soal Izin Tinggal HRS"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA