Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 04 Okt 2019 17:20 WIB

TRAVEL NEWS

Ultah Seabad, Maskapai Ini Hadirkan 'Kapsul Waktu' di Jakarta

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Pameran KLM di dalam terowongan kapsul waktu. (Foto: Tasya/detikcom)
Pameran KLM di dalam terowongan kapsul waktu. (Foto: Tasya/detikcom)
Jakarta - Merayakan ulang tahun ke-100, maskapai Belanda KLM Royal Dutch Airlines menggelar pameran di Jakarta. Pengunjung dibawa masuk ke terowongan kapsul waktu.

Di Indonesia sendiri, maskapai asal Belanda ini telah hadir selama 95 tahun dari seabad usianya. Penerbangan pertama KLM di Indonesia tercatat pada tahun 1940.

"Ini merupakan kehormatan besar. Karena kita menyelenggarakan ulang tahun KLM. KLM juga merayakan 95 tahun di Indonesia dengan penerbangan pertama pada tahun 1940, 21 jam non stop dari Amsterdam ke Jakarta," kata Duta Besar Belanda, Lambert Girjns, Jumat (4/10/2019) di Eramus Huis, Pusat Kebudayaan Belanda, Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan.




Pameran ini sendiri menghadirkan cerita sejarah KLM mulai dari awal berdiri hingga sekarang. Uniknya, ada terowongan kapsul waktu yang akan membawa traveler masuk ke lorong pesawat. Suasananya juga membawa traveler merasakan berada di dalam pesawat sungguhan.

Di dalam terowongan ini, ada cerita sejarah KLM dalam sebuah timeline, mulai didirikan pada tahun 1919. Cerita ini digambarkan melalui video yang terdapat pada jendela pesawat.

Ultah Seabad, Maskapai Ini Hadirkan 'Kapsul Waktu' di JakartaPameran KLM di dalam terowongan kapsul waktu. (Foto: Tasya/detikcom)

Di bagian lain, ada juga cerita KLM saat mulai menjelajahi penerbangan antarbenua mulai Oktober tahun 1924. Perjalanan KLM ini diakhiri dengan tujuan ke Jakarta pada 24 November 1924 setelah 55 hari.

Keluar dari lorong pesawat, ada beberapa informasi tentang beberapa inovasi yang telah dilakukan oleh KLM, yaitu fly responsibility. Tujuannya adalah mewujudkan penerbangan yang sustainability dan ramah lingkungan.

Salah satu kegiatannya adalah CO2 Zero, yaitu penanaman hutan kembali dengan melibatkan passenger yang ingin berkontribusi. Pesawat pasti akan membuat polusi udara, untuk itu program ini bertujuan untuk mengurangi jumlah CO2 yang dikeluarkan.

Melangkah ke tengah, traveler akan menemukan beberapa gambar rumah belanda yang disusun. Ada 100 rumah khas belanda yang memiliki nomor masing-masing. Rumah paling atas bernomor 100 masih tertutup dan diikat pita

Ultah Seabad, Maskapai Ini Hadirkan 'Kapsul Waktu' di JakartaPameran KLM di dalam terowongan kapsul waktu. (Foto: Tasya/detikcom)

Ternyata, KLM Airlines setiap tahunnya meluncurkan rumah-rumahan khas belanda dari keramik. Rumah-rumahan unik ini akan diberikan kepada penumpang bussiness class saat melakukan perjalanan.

Rumah-rumah yang memiliki desain unik ini mewakili rumah tradisional yang ada di Belanda dan memiliki sejarah masing-masing. Traveler bisa mengetahui informasi tentang rumah ini dengan mendowmload aplikasi KLM. Dengan satu klik maka sejarah tentang rumah khas belanda ini akan traveler dapatkan.

Ada lagi yang unik, traveler. Sepanjang usianya yang sudah seabad, desain pesawat KLM pun telah mengalami beberapa kali perubahan. Di sini, traveler bisa lihat gambar-gambar pesawat KLM Airlines dari awal dibuat hingga yang terbaru. Pameran 100 tahun KLM akan dibuka untuk umum besok, Sabtu (5/10), pukul 10.00-16.00 dan Senin (7/10) pukul 10.00-15.00.

Simak Video "Dua Penumpang KLM Garuda Jaya Ditemukan Selamat"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA