Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 11 Okt 2019 17:20 WIB

TRAVEL NEWS

Pameran Museum Se-Pantura Bakal Digelar di Kudus

Akrom Hazami
detikTravel
Wisatawan di Museum Kudus (Akrom Hazami/detikcom)
Wisatawan di Museum Kudus (Akrom Hazami/detikcom)
Kudus - Sejumlah koleksi dari museum yang ada di wilayah Pantura bagian timur Jawa Tengah, akan dipamerkan Kudus. Seperti apa nanti?

Rencananya, pengelola akan mendatangkan koleksi dari museum daerah lain guna memperingati Hari Museum. Acara pameran museum itu digelar mulai 12 Oktober 2019 hingga 19 Oktober 2019, yang berlokasi di komplek Museum Kretek di Jalan Getas Pejaten, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus.

"Pameran bersama nanti akan diikuti museum di Pantura (Pantai Utara) seperti Demak, Blora, Jepara, Purwodadi, Jepara, Pati, hingga Rembang," kata Kepala UPT Museum Kretek Kasman Sutiyono ditemui awak media di Museum Kretek, Kudus, Jumat (11/10/2019).

"Namanya Pameran Lingkar Pantura pada 12-19 Oktober 2019. Pameran ini dalam rangka Hari Museum Nasional," jelas Kasman lebih lanjut.

BACA JUGA: Museum di China Ini Simpan Keris Pemberian Soekarno

Dia merincikan, adapun museum yang akan diajak kerja sama adalah museum dari wilayah Kabupaten Demak, Blora, Jepara, Purwodadi, Jepara, Pati, dan Rembang.

Pihaknya dan museum yang ada di Kudus akan ikut serta dalam pameran. Adapun museum dari Kudus yang akan ambil bagian, adalah Museum Kretek, Museum Kaligrafi, Museum Situs Purbakala Patiayam, Museum Jenang, dan Museum Omah Batik.

Tujuan diadakan acara adalah agar masyarakat bisa lebih mengenal museum yang ada di Kabupaten Kudus. "Biar masyarakat lebih kenal dengan museum kretek. selain itu juga mengenalkan museum-museum yang ada di Kudus," tambahnya.

Selain itu pula, lanjut dia, dalam pameran museum akan datang beberapa pelukis dari dalam Kudus dan luar daerah. Rencananya, mereka akan melukis Menara Kudus langsung dari lokasi.

"Mereka akan melukis Menara Kudus dan melukis rumah adat Kudus yang ada di kompleks Museum Kretek. Adapun pameran museum akan dibuka Sabtu (12/9/2019), dan Minggu (13/9/2019) fashion show batik dan kebaya," tutup Kasman.

Simak Video "Laga Persiku Kudus Vs Persijap Dihentikan Gegara Suporter Ricuh"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA