Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 12 Okt 2019 09:15 WIB

TRAVEL NEWS

Main ke Pekan Kebudayaan Nasional, Bisa Tahu Asal-usulmu

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Booth Historia.id di Pekan Kebudayaan Nasional 2019 (Randy/detikcom)
Booth Historia.id di Pekan Kebudayaan Nasional 2019 (Randy/detikcom)
Jakarta - Bagi traveler yang penasaran ingin mencari tahu asal-usulnya, bisa mampir ke booth Historia id di Istora Senayan. Cari tahu silsilahmu.

Dari sejumlah booth yang hadir di Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2019, turut hadir Historia id yang mendedikasikan diri untuk mengupas asal-usul manusia Indonesia.

Ditemui detikcom di lokasi, Kamis (10/10/2019), David Marcello dari Historia id yang menjaga boothnya. Diceritakan oleh David, Historia id berawal sebagai upaya di tengah maraknya kasus rasisme saat pemilu yang lalu.

"Booth ini triggered asal-usul manusia Indonesia," ujar David.

Main ke Pekan Kebudayaan Nasional, Bisa Tahu Awal Muasal KamuRagam ras-ras di dunia (Randy/detikcom)

Sebagai bangsa yang bhinneka dan beragam, maraknya kasus SARA, mayoritas dan minoritas memang membuat jengah. Di tengah kecamuk pemilu beberapa waktu lalu, politik identitas memang kerap digaungkan.

Padahal kalau bicara manusia Indonesia, tak ada yang 100% benar-benar Indonesia. Secara genetika, mayoritas masyarakat Indonesia merupakan produk dari akulturasi budaya berbeda di dunia.

"Kita orang Indonesia Bhinneka, gak ada ras yang sama. Rata-rata cuma 30% yang paling banyak Indonesia," ujar David.

(Randy/detikcom)Peta persebaran manusia modern Indonesia (Randy/detikcom)

Menggunakan aplikasi, pengunjung dapat melacak asal muasal mereka secara genetika. Dari situ, pengunjung bisa mengetahui identitas mereka secara genetik.

"Jadi fitur kita tes DNA, tapi melalui app 60-70% valid. Nanti kita bisa tes lagi di tabel, validasi itu sesuai atau tidak," ujar David.

Menariknya, pihak Historia id juga sempat mengambil sampel DNA dari sejumlah tokoh ternama Indonesia. Sebut saja Najwa Shihab, Ariel Noah, Mira Lesmana, Riri Riza, hingga Ayu Utami.

Rencananya, identitas genetik mereka semua akan diungkap di Museum Nasional pada 15 Oktober mendatang dalam acara Asal-Usul Orang Indonesia atau ASOI.

PKN 2019 digelar dari tanggal 7-13 Oktober 2019 di Istora Senayan. Tidak dikenakan tiket masuk alias gratis, tapi diperlukan daftar online lebih dulu.




Simak Video "Sambut 1 Muharam, Warga Salat Berjamaah di Bundaran HI"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA