Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 14 Okt 2019 13:15 WIB

TRAVEL NEWS

detikcom Rebut Indonesia Museum Awards 2019

Tim
detikTravel
Foto: dok. detikcom
Foto: dok. detikcom
Jakarta - Penghargaan terhadap permuseuman nasional yang bertajuk 'Indonesia Museum Awards' kembali digelar, Minggu (13/10/2019), di Auditorium Perpustakaan Nasional, Jakarta. Tahun ini detikcom merebut penghargaan di kategori 'Media Peduli Museum'.

Ajang yang dihelat setiap tahun sejak tahun 2012 itu pada tahun ini mengusung tema 'Museum as a Cultural Hubs and the Future of Tradition'.

"Dengan tema tersebut museum diharapkan bisa menjadi pusat budaya dan sekaligus menjadi harapan bagi masa depan perkembangan berbagai tradisi yang hidup di masyarakat," jelas Ketua Dewan Juri Indonesia Museum Awards 2019 Prof. Dr. Wiendu Nuryanti.

Hal senada disampaikan oleh Musiana Yudhawasthi, Pendiri Komunitas Jelajah sekaligus Ketua Pelaksana Indonesia Museum Awards 2019. Menurutnya, tema ini sengaja diangkat karena dianggap cukup relevan dengan situasi dan perkembangan yang terjadi dalam dunia permuseuman di Tanah Air saat ini, terutama yang terkait dengan kaum milenial.

"Di tengah aktivitas kaum milenial yang sebagian besar menggunakan gadget dan berselancar di dunia maya, ternyata muncul fenomena yang sebenarnya paradoks dengan keseharian kaum milenial, yakni mereka mulai menggandrungi museum," ujar Musiana yang juga merupakan kandidat Doktor Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, Bandung.

detikcom Rebut Indonesia Museum Awards 2019Foto: dok. detikcom

Indonesia Museum Awards merupakan ajang tahunan yang memberikan penghargaan terhadap pengelola museum dan tokoh permuseuman di Tanah Air. Ajang ini digagas oleh Komunitas Jelajah, sebuah komunitas yang memiliki kepedulian tinggi terhadap pendidikan dan penelitian, khususnya yang menyangkut sejarah, heritage dan permuseuman.

Digelar pertama kali sejak tahun 2012, ajang ini telah menjadi barometer perkembangan permuseuman di Tanah Air. Tokoh yang pernah mendapat penghargaan antara lain Soesilo Bambang Yudhoyono (Tokoh Peduli Museum 2016), BJ Habibie (Tokoh Peduli Museum 2017), Sri Sultan Hamengkubuwono X (Tokoh Peduli Museum 2018), Tri Rismaharini (Pejabat Peduli Museum 2018), Ciputra (Pengusaha Peduli Museum 2017), Haryanto Adikoesoemo (Pengusaha Peduli Museum 2018) dan tokoh-tokoh permuseuman lainnya.

Adapun Dewan Juri Indonesia Museum Awards 2019 terdiri dari para tokoh yang kompeten dari berbagai kalangan dan memiliki perhatian dan kepedulian tinggi terhadap kemajuan kebudayaan Indonesia, khususnya permuesuman, yaitu Prof. Dr. Wiendu Nuryanti (Ketua), Prof Dr Indroyono Soesilo (tokoh masyakarat), Samuel Wattimena (perancang), Anggit Hernowo (praktisi media) dan Yuliandre Darwis, Ph.D (pakar Komunikasi).




Simak Video "Sambut Hari Museum Indonesia, Ayo ke Museum!"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA