Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 16 Okt 2019 10:55 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Kriteria Atraksi Wisata Bisa Masuk Calender of Events 2020

Putu Intan Raka Cinti
detikTravel
Staf Ahli Menteri Pariwisata dan Kebudayaan RI Bidang Multi Kultural, Esthy Reko Astuti (Intan/detikcom)
Staf Ahli Menteri Pariwisata dan Kebudayaan RI Bidang Multi Kultural, Esthy Reko Astuti (Intan/detikcom)
Jakarta - Sebanyak 110 atraksi wisata dalam Kalender Pariwisata 2020 alias National Calender of Events (NCoE) 2020. Dalam penetapannya ada kriteria khusus. Apa saja?

Hal itu dibeberkan Esthy Reko Astuti, Staf Ahli Menteri Pariwisata dan Kebudayaan RI Bidang Multi Kultural, saat peluncuran 100 NCoE di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Selasa (15/10/2019) malam.

"Setiap event dinilai menggunakan kriteria 3C, yaitu cultural/creative values, commercial and communication values dan CEO commitment," ujar Esthy.

Kriteria cultural/creative values sebagai unsur kreatif mengangkat tema-tema pariwisata, koreografi, desainer, dan aransemen musik.




Kurator untuk kriteria ini pun tidak main-main. Ada budayawan Taufik Rahzen pada bidang cultural value. Sedangkan untuk creative value, para kuratornya adalah Eko Supriyanto, Denny Malik dan Heru Prasetya.

Kriteria yang kedua adalah commercial dan communication values yang digunakan sebagai upaya untuk meningkatkan jumlah wisatawan, media value, dan multiplier effect yang memiliki dampak ekonomi sosial.

Para kurator yang terlibat adalah Don Kardono untuk bidang communication/media value dan Jacky Mussry untuk bidang commercial/economic value.

Kemudian kriteria terakhir adalah CEO commitment, yaitu komitmen kepala daerah yaitu gubernur dan bupati dalam mengembangkan pariwisata. Kepala daerah harus mengalokasikan anggaran di sektor pariwisata, melaksanakan NCoE secara konsisten, dan melaksanakan event pariwisata tersebut selama 3 tahun berturut-turut agar dapat masuk dalam NCoE 2020.

"Dulu saya alokasikan 200 miliar buat Calender of Event karena saya hitung simpel saja, produk paling menarik cultural 60%, datang karena budaya, 30% nature," ujar Menpar Arief Yahya.

Proses seleksi telah dimulai sejak awal tahun 2019. Di antara 110 event terpilih, Kemenpar juga menetapkan Top-10 NCoE 2020. Seluruh event terpilih nantinya tetap akan mendapatkan pendampingan, dukungan promosi media, dan dukungan penyelenggaraan dari Kemenpar.




Simak Video "Melihat Eloknya Jakarta dari Lensa Kamera"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA